Jumat 29 Jan 2021 10:45 WIB

Berapa Kali kata Doa Disebut dalam Alquran?

Kata doa disebutkan dalam Alquran.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Berapa Kali kata Doa Disebut dalam Alquran? . Foto:    Berdoa (Ilustrasi)
Foto: Republika
Berapa Kali kata Doa Disebut dalam Alquran? . Foto: Berdoa (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Agar keinginannya terkabul maka umat Islam harus berdoa kepada Allah SWT, baik saat melaksanakan ibadah maupun saat akan melakukan aktivitas lainnya. Doa juga sangat penting dipanjatkan agar segala urusan di dunia dipermudah oleh Allah SWT. 

Namun, dalam Alquran sendiri berapa kali kata doa disebutkan? Di kutip dari Himpunan Doa-Doa Penting yang diterbitkan Kementerian Agama, dalam Alquran, kata doa disebut sebanyak 20 kali yang mempunyai beberapa arti. Berikut beberapa makna kata doa dalam Alquran. 

Baca Juga

Pertama, kata doa yang berarti ibadah (menyembah), seperti dalam firman Allah SWT:

وَلَا تَدْعُ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ مَا لَا يَنْفَعُكَ وَلَا يَضُرُّكَ ۚفَاِنْ فَعَلْتَ فَاِنَّكَ اِذًا مِّنَ الظّٰلِمِيْنَ

"Dan jangan engkau menyembah sesuatu yang tidak memberi manfaat dan tidak (pula) memberi bencana kepadamu selain Allah, sebab jika engkau lakukan (yang demikian), maka sesungguhnya engkau termasuk orang-orang zalim.” (QS. Yunus [10]: 106).

Kedua, kata doa yang berarti ajakan, seperti dalam firman Allah SWT:

وَاِنْ كُنْتُمْ فِيْ رَيْبٍ مِّمَّا نَزَّلْنَا عَلٰى عَبْدِنَا فَأْتُوْا بِسُوْرَةٍ مِّنْ مِّثْلِهٖ ۖ وَادْعُوْا شُهَدَاۤءَكُمْ مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ اِنْ كُنْتُمْ صٰدِقِيْنَ

"Dan jika kamu meragukan (Alquran) yang Kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad), maka buatlah satu surah semisal dengannya dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar." (QS. al-Baqarah [2]: 23).

Ketiga, kata doa yang berarti permintaan atau permohonan, seperti dalam firman Allah SWT:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ ࣖ

"Dan Tuhanmu berfirman, 'Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.'” (QS. Gafir [40]: 60) 

Keempat, kata doa yang berarti memanggil, seperti dalam firman Allah SWT:

يَوْمَ يَدْعُوْكُمْ فَتَسْتَجِيْبُوْنَ بِحَمْدِهٖ وَتَظُنُّوْنَ اِنْ لَّبِثْتُمْ اِلَّا قَلِيْلًا 

"Yaitu pada hari (ketika) Dia memanggil kamu, dan kamu mematuhi-Nya sambil memuji-Nya dan kamu mengira, (rasanya) hanya sebentar saja kamu berdiam (di dalam kubur)." (QS. al-Isra' [17]: 52).

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement