Kamis 28 Jan 2021 05:40 WIB

Yahudi Nyeleneh Masuk Islam di Era Turki Utsmani 

Yahudi Shabtai Zvi masuk Islam pada era Kesultanan Utsmani Turki

Yahudi Shabtai Zvi masuk Islam pada era Kesultanan Utsmani . Ilustrasi Kesultanan Utsmani
Foto:

Dalam atmosfer di pinggiran komunitas Yahudi di Eropa dan di tanah Kekaisaran Ottoman, orang aneh ini muncul dengan nama Shabtai Zvi, yang merupakan campuran dari pria menakjubkan dengan ide-ide aneh. Dan pada saat yang sama dia memiliki karisma yang sangat kuat dan memengaruhi para pengikutnya, yang menjadi puluhan ribu di seluruh dunia! 

Shabtai Zvi pada masa kecil belajar pendidikan agama Alkitab yang kuat. Meskipun ayahnya pedagang besar, dia memutuskan untuk menciptakan dunianya sendiri yang lebih berpengaruh dan kuat dalam masyarakat dan dalam sejarah. 

Shabtai melanggar ajaran Yudaisme berulang kali. Hingga akhirnya, dia menyatakan dirinya pada tahun 1648 sebagai Mesias yang akan membebaskan umat manusia dari rasa sakitnya. 

Shabtai mendeklarasikan pembatalan semua hukum dan hukum tertulis dan lisan Yahudi, dan meminta agar Taurat menikah dengannya karena dia hanya akan menikah dengannya, karena dia menganggap dirinya adalah "mempelai wanita tuhan." 

Lambat-laun, Shabtai tumbuh dengan karisma yang sangat kuat. Dia seolah berevolusi sampai kemudian memiliki pengikut di seluruh dunia. Dia mengendarai seekor kuda betina di Yerusalem pada 1665, dan menyatakan bahwa dialah satu-satunya yang bertanggung jawab atas nasib seluruh dunia.

Para rabi tradisional di Yerusalem tidak tinggal diam dengan tingkah Shabtai. Mereka pun mengusir Shabtai dari sana. Salah satu rabi terpenting di kota Izmir kala itu menolak klaim Shabtai.

Pada 1666, Shabtai Zvi mengeluarkan pengumuman yang aneh. Dia mengumumkan bahwa dirinya akan pergi ke Istanbul untuk menggulingkan Sultan Ottoman Mehmed IV. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement