Rabu 27 Jan 2021 23:10 WIB

Mengapa Aisyah Dijuluki Ummu Abdillah, Meski tak Punya Anak?

AIsyah dijuluki Ummu Abdillah dan Ummu Abdirrahman

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
AIsyah dijuluki Ummu Abdillah dan Ummu Abdirrahman. Ilustrasi Aisyah
Foto: dok wikipedia
AIsyah dijuluki Ummu Abdillah dan Ummu Abdirrahman. Ilustrasi Aisyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Aisyah RA, adalah salah satu istri Rasulullah Muhammad SAW yang tidak dikaruniai keturunan.

Tetapi, sosok putri Abu Bakar RA tersebut mempunyai julukan Ummu Abdurrahman dan Ummu Abdullah yang berarti ibu Abdurrahman dan ibu Abdullah. Mengapa demikian? 

Baca Juga

Dalam buku Wanita Mulia di sisi Rasulullah, Aisyah Kekasih Yang Terindah karangan Sa'id al A'zhami al Nadawi dijelaskan, orang-orang Arab sering menggunakan kunyah (julukan seperti abu, abi, umm, atau ibnu). Kunyah merupakan tanda kehormatan dan juga kemuliaan. Tidak terkecuali Aisyah binti Abu Bakar, istri Rasulullah SAW pun memiliki julukan. 

Akan tetapi Aisyah tidak memiliki keturunan sehingga tidak memiliki kunyah. Satu hari wajah Aisyah terlihat sedih dan murung.  

Dia pun bercerita kepada Rasulullah bahwa setiap orang memiliki kunyah kecuali dirinya.  

Kemudian Rasulullah bersabda dalam riwayat Abu Dawud dan Ahmad, Rasulullah memerintahkan Aisyah untuk menggunakan kunyah ummu Abdillah (ibunda Abdullah). Abdullah merupakan keponakan Aisyah.  

Dahulu untuk mencurahkan perasaan keibuannya Aisyah mengadopsi seorang anak laki-laki bernama Abdullah bin Zubair putra dari saudaranya yang bernama Asma binti Abu Bakar. Oleh karenanya dia diberi kuniyah Ummu Abdillah yang berarti ibunda Abdullah.  

Kemudian Aisyah juga mengadopsi Qasim bin Abdurrahman, putra Abdurrahman bin Abu Bakar. Sehingga Aisyah pun mendapat julukan Ummu Abdurrahman. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement