Rabu 27 Jan 2021 05:01 WIB

Ketika Ajakan Nabi Muhammad Dibalas Tuduhan dan Ejekan

Kaum kafir Quraisy mendekreditkan Nabi Muhammad dengan tuduhan.

Ketika Ajakan Nabi Muhammad Dibalas Tuduhan dan Ejekan. Ilustrasi Rasulullah
Foto:

Di samping menuduh Nabi Muhammad SAW sebagai seorang penyair yang mengarang Al-Qur’an mereka juga menuduhnya gila. Allah SWT berfirman:

وَقَالُواْ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِي نُزِّلَ عَلَيۡهِ ٱلذِّكۡرُ إِنَّكَ لَمَجۡنُونٞ

“Mereka berkata: “Hai orang yang diturunkan Al Quran kepadanya, Sesungguhnya kamu benar-benar orang yang gila.” (Q.S. Al-Hijr 15: 6)

وَإِن يَكَادُ ٱلَّذِينَ كَفَرُواْ لَيُزۡلِقُونَكَ بِأَبۡصَٰرِهِمۡ لَمَّا سَمِعُواْ ٱلذِّكۡرَ وَيَقُولُونَ إِنَّهُۥ لَمَجۡنُونٞ

“Dan sesungguhnya orang-orang kafir itu benar-benar hampir menggelincirkan kamu dengan pandangan mereka, tatkala mereka mendengar Al Quran dan mereka berkata: “Sesungguhnya ia (Muhammad) benar-benar orang yang gila”. (Q.S. Al-Qalam 68:51)

Allah SWT membantah bahwa Nabi Muhammad SAW adalah orang gila. Allah SWT berfirman:

وَمَا صَاحِبُكُم بِمَجۡنُونٖ

“Dan temanmu (Muhammad) itu bukanlah sekali-kali orang yang gila.” (Q.S. at-Takwir 81:22)

Mereka juga menuduh Nabi Muhammad saw sebagai tukang tenung. Allah SWT juga membantahnya. Allah SWT berfirman:

أَمۡ يَقُولُونَ شَاعِرٞ نَّتَرَبَّصُ بِهِۦ رَيۡبَ ٱلۡمَنُونِ

“Maka tetaplah memberi peringatan, dan kamu disebabkan nikmat Tuhanmu bukanlah seorang tukang tenung dan bukan pula seorang gila,“ (Q.S. At-Thur 52: 29).

Semua tuduhan dan ejekan itu tidak berpengaruh sedikitpun kepada Nabi. Dan juga tidak menyebabkan orang-orang berkurang kepercayaannys kepada Nabi. Tidak ada yang mempercayai tuduhan itu, sebab dalam kehidupan nyata sehari-hari mereka tidak melihat ada tanda-tanda seorang penyair, dukun atau orang gila pada diri Nabi. Alhasil upaya mereka untuk membunuh karakter Nabi tidak berhasil, tetap ada orang-orang Makkah yang masuk Islam. Bahkan juga orang-orang yang datang dari luar Makkah.

Khawatir Nabi Muhammad SAW mempengaruhi orang-orang yang datang berziarah ke Makkah maka orang-orang kafir Quraisy berusaha mencegahnya dengan menyambut kedatangan para peziarah lalu mengingatkan mereka agar menghindari Nabi Muhammad SAW, jangan pernah mendengar ucapannya karena mempunyai kekuatan sihir kata-kata. Siapa yang mendengarnya akan segera terpengaruh. 

Sumber: Majalah SM Edisi 21 Tahun 2018

 

https://www.suaramuhammadiyah.id/2021/01/20/nabi-muhammad-saw-11-tuduhan-dan-ejekan/

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement