Selasa 26 Jan 2021 12:28 WIB

Kehangatan Hubungan Utsman dan Ahlul Bait

Keduanya sama-sama menantu Rasulullah SAW.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Kehangatan Hubungan Utsman dan Ahlul Bait
Foto:

Ali sendiri sering memuji kebaikan Utsman di hadapan orang lain, seperti dikutip oleh Nazzal bin Sabrah al-Hilali. Suatu ketika, setelah Ali menjadi khalifah, kami bertanya: "Wahai Amirul Mukminin, apa pendapatmu tentang Utsman bin Affan?" 

Ali dengan yakin menjelaskan: "Di kalangan al-Mala-ul a'la (para malaikat), Utsman dikenal dengan julukan Dzun Nurain, pemilik dua cahaya. Hal itu karena dia adalah menantu Rasulullah, dia menikahi dua putri beliau. Dan, beliau menjamin menantunya itu akan mendapatkan rumah di surga," (Tarikh Dimasyq). 

Bahkan Ali menilai Utsman lebih baik daripada dirinya. Abu Juhaifah menuturkan, satu waktu, di Kufah, Ali bin Abu Thalib berkhutbah di atas mimbar: "Ketahuilah oleh kalian! Manusia terbaik setelah Rasulullah adalah Abu Bakar, lalu Umar. Seandainya aku mau menyebutkan pada kalian sosok terbaik ketiga, pasti aku sampaikan". Ali lantas turun dari mimbar sambil mengucapkan: "Utsman, Utsman" (Tarikh Dimasyq).

Syuraih al-Qadhi mengatakan: Aku mendengar Ali bin Abu Thalib berkata dari atas mimbar: "Yang terbaik di antara umat ini setelah Nabinya adalah Abu Bakar, lalu Umar, kemudian Utsman, dan berikutnya aku," (Tarikh Dimasyq dan Tarikh Islam). 

Berbagai sanjungan terhadap Utsman saat ini tentu didengar pula oleh al-Hasan dan al-Husain, baik yang berasal dari ayah mereka maupun dari sahabat yang lain. Hal itu dapat diketahui dengan jelas melalui riwayat Abdu Khair berikut. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement