Rabu 27 Apr 2022 22:31 WIB

Alasan Surat Yasin Penting untuk Almarhum Menurut Gus Baha

Bacaa surat Yasin sangat penting untuk orang yang sudah almarhum

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Nashih Nashrullah
Bacaan surat Yasin sangat penting untuk orang yang sudah almarhum. Ilustrasi baca surat Yasin untuk orang meninggal
Foto: ANTARA/FIKRI YUSUF
Bacaan surat Yasin sangat penting untuk orang yang sudah almarhum. Ilustrasi baca surat Yasin untuk orang meninggal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Salah satu hadits Rasulullah SAW ada yang menyebutkan tiga amal yang tidak terputus walaupun orang itu sudah meninggal. 

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله تعالى عنه: أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ ﷺ قَالَ: إِذَا مَاتَ ابنُ آدم انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثٍ: صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ، أو عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ. رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Baca Juga

Rasulullah bersabda, “Apabila manusia itu meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya, kecuali tiga hal. Yakni, sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak shaleh yang mendoakan orang tuanya.” (HR Muslim dari Abu Hurairah).

KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha mengatakan orang-orang yang telah meninggal sedang menunggu sampai waktu sangkakala ditiup. Mereka berada di alam kubur atau alam barzakh. 

Disebutkan dalam kitab Ianatut Thalibin karangan Sayyid Bakar Syatha ada bab yang menerangkan tentang pentingnya membaca surat Yasin bagi anggota keluarga yang sudah meninggal.

“Ada orang saleh yang bermimpi di kuburan itu kalau ada kiriman doa orang-orang berebutan, rebutan doa umum. Karena orang yang berdoa itu ada paket umum kepada Mukmin lelaki dan perempuan,” kata Gus Baha dalam kajian Arwah pun Berebut Doa yang Dilantunkan Manusia di kanal Youtube Santri Gayeng.

Dari semua orang-orang itu, ada orang tua yang tidak berebutan doa. Lalu, orang tua itu ditanya, “Mengapa tidak ikut rebutan doa?”. Kemudian, dia menjawab, “Saya itu sudah cukup mendapat kiriman doa dari anakku.” Ditanya lagi, “Siapa anakmu?.” Dia menjawab “Anak saya adalah baqqal (penjual sayur) di pasar ini. Si penjual sayur itu setiap Jumat membacakan surat Yasin kepada saya. Makanya saya tidak perlu rebutan doa paket umum.”

“Maka orang saleh itu membuktikan mimpinya. Dia mendatangi pasar dan ada penjual sayur. Baqqal memang betul anak dari orang tua itu. Saat dia ditanya, dia memang membaca surat Yasin setiap malam Jumat untuk orang tuanya,” ujar Gus Baha.

Singkat cerita, setelah beberapa bulan, Syekh tadi bermimpi lagi. Dalam mimpinya itu, orang tua tadi ikut rebutan doa umum. Lalu Syekh mendatangi dan menanyakan alasan ikut doa umum. Orang tua itu menjawab, “Sekarang yang mengirim doa untukku sudah tidak ada.”

“Saat Syekh datang lagi ke pasar, ternyata Baqqal sudah meninggal. Ini membuktikan siapa pun harus sering mengaji,” tambah dia. 

Sumber:   https://www.youtube.com/watch?v=NqrC-snkerI

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement