Senin 25 Jan 2021 08:26 WIB

7 Bukti Islam adalah Agama Kebenaran

Kesadaran akan Tuhan hanya bisa dibangun di atas dasar pengetahuan kukuh.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
7 Bukti Islam adalah Agama Kebenaran
Foto:

Islam mempromosikan penggunaan logika, nalar, dan pengetahuan

Umat manusia diberi logika dan kecerdasan karena suatu alasan. Allah tidak akan pernah meminta seorang Muslim untuk mengesampingkannya dalam hal iman dan kepercayaan kepada-Nya. Tanpa menggunakan kecerdasan kita, iman menjadi lemah. Tanpa iman, kecerdasan juga akan menjadi cacat.

Untuk itu, menurutnya, Allah memahami manusia membutuhkan bukti untuk memiliki iman yang lebih dalam. Bahkan Nabi Ibrahim pernah meminta Allah untuk memberinya tanda agar imannya bisa teguh.

Bukti ilmiah

Beberapa bukti bahwa Islam adalah agama kebenaran sekarang makin banyak ditemukan saat manusia membuat penemuan ilmiah. Beberapa bukti ilmiah tersebut antara lain tidak berbaurnya air laut satu sama lain sebagaimana yang dikatakan dalam Alquran Surah ke-55 ayat 19-20.

Dalam dunia ilmiah, fenomena alam ini disebut fenomena Halocline dan baru ditemukan pada akhir abad ke-19 paling awal (13 abad setelah wahyu dalam Al-Qur'an). Hingga saat itu diyakini lautan hanya ada satu benda homogen yang mengalir bebas.

Karena gaya fisik yang disebut 'tegangan permukaan', perairan laut tetangga tidak bercampur. Disebabkan oleh perbedaan kepadatan perairan mereka, tegangan permukaan mencegah mereka berbaur satu sama lain, seperti dinding tipis di antara mereka.

Lalu adanya ekspansi alam semesta. Bahwa alam semesta terus berkembang sebab dia memiliki permulaannya sebagaimana yang disebutkan di dalam Alquran. Pada permulaan abad ke-20, satu-satunya pandangan dalam komunitas ilmiah adalah ukuran alam semesta tetap dan keberadaannya tidak terbatas. Akan tetapi, penelitian modern telah mengungkapkan alam semesta sebenarnya memiliki permulaan dan terus "mengembang".

Sebuah fakta yang dijelaskan dalam Alquran pada masa ketika teleskop dan kemajuan teknologi yang serupa bahkan belum ditemukan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement