Senin 25 Jan 2021 05:55 WIB

Satu-satunya Kota Kuno di Irak yang Diabadikan Alquran 

Alquran menyebutkan kota kuno di Irak dalam Alquran

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Alquran menyebutkan kota kuno di Irak dalam Alquran. Ilustrasi Padang Pasir
Foto: Pixabay
Alquran menyebutkan kota kuno di Irak dalam Alquran. Ilustrasi Padang Pasir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Alquran menyebut sejumlah kota, negara, dan peristiwa yang terjadi dalam sejarah umat manusia. Dengan demikian, segala sesuatu yang disebutkan dalam Alquran itu memiliki ceritanya tersendiri.

Misalnya cerita para nabi, kota, dan kondisi orang-orang pada zaman itu. Dan, di antara kota-kota yang paling menonjol disebutkan dalam Alquran adalah Kota Makkah, yang disebutkan di lebih dari satu surat, salah satunya surat Al-Fath ayat 24.

Baca Juga

Negara Mesir disebutkan dalam surat Yusuf ayat 99. Sedangkan Kota Babilonia di Irak pun disebutkan di dalam Alquran yaitu pada surat Al-Baqarah. Allah SWT berfirman:

وَاتَّبَعُوا مَا تَتْلُو الشَّيَاطِينُ عَلَىٰ مُلْكِ سُلَيْمَانَ ۖ وَمَا كَفَرَ سُلَيْمَانُ وَلَٰكِنَّ الشَّيَاطِينَ كَفَرُوا يُعَلِّمُونَ النَّاسَ السِّحْرَ وَمَا أُنزِلَ عَلَى الْمَلَكَيْنِ بِبَابِلَ هَارُوتَ وَمَارُوتَ ۚ وَمَا يُعَلِّمَانِ مِنْ أَحَدٍ حَتَّىٰ يَقُولَا إِنَّمَا نَحْنُ فِتْنَةٌ فَلَا تَكْفُرْ ۖ فَيَتَعَلَّمُونَ مِنْهُمَا مَا يُفَرِّقُونَ بِهِ بَيْنَ الْمَرْءِ وَزَوْجِهِ ۚ وَمَا هُم بِضَارِّينَ بِهِ مِنْ أَحَدٍ إِلَّا بِإِذْنِ اللَّهِ ۚ وَيَتَعَلَّمُونَ مَا يَضُرُّهُمْ وَلَا يَنفَعُهُمْ ۚ وَلَقَدْ عَلِمُوا لَمَنِ اشْتَرَاهُ مَا لَهُ فِي الْآخِرَةِ مِنْ خَلَاقٍ ۚ وَلَبِئْسَ مَا شَرَوْا بِهِ أَنفُسَهُمْ ۚ لَوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement