Senin 25 Jan 2021 05:45 WIB

Kata Terpanjang dalam Alquran, Berapa Jumlah Hurufnya?

Terdapat kata yang terpanjang dalam Alquran

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Terdapat ayat Alquran yang mempunyai kata terpanjang. Alquran (ilustrasi)
Foto: republika
Terdapat ayat Alquran yang mempunyai kata terpanjang. Alquran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Alquran mempunyai mukjizat dari aspek bahasa dan sastra Arab. Salah satunya contohnya, keindahan kata dan struktur kalimat. 

Dalam Alquran, misalnya, terdapat kalimat terpanjang. Kalimat apakah itu? Dan terdapat dalam surat apa?

Baca Juga

Kata terpanjang dalam Alquran ada di surat Al-Hijr ayat 22, yakni pada kata فَأَسْقَيْنَاكُمُوهُ fa'asqoynakumuuhu. Allah SWT berfirman: 

وَأَرْسَلْنَا الرِّيَاحَ لَوَاقِحَ فَأَنْزَلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَسْقَيْنَاكُمُوهُ وَمَا أَنْتُمْ لَهُ بِخَازِنِينَ "Dan Kami telah meniupkan angin untuk mengawinkan (tumbuh-tumbuhan) dan Kami turunkan hujan dari langit, lalu Kami beri minum kamu dengan air itu, dan sekali-kali bukanlah kamu yang menyimpannya." 

 

Muhammad al-Amin al-Hariri dalam kitabnya berjudul 'Hada'iq al-Ruh wa al-Rayhan fii Rawabi Ulum al-Qur'an, menjelaskan, jumlah huruf pada kata itu adalah sebelas. 

Ahmad Al-Kharrat, dalam kitabnya berjudul al-Mujtaba min Musykil I'rab al-Qur'an, memaparkan bahwa huruf 'faa' pada kata tersebut menunjukkan kebaikan.

Adapun untuk kaf dan ha di akhir kata itu masing-masing adalah objek. Sedangkan huruf mim menunjukkan jamak, dan huruf waw menunjukkan saturasi.

Syekh Shaleh al-Maghamsi dalam "Ta'milaat Qur'aaniyah" menyampaikan, adapun kata أَنُلْزِمُكُمُوهَا  'anulzimukumuuha' dalam surat Hud ayat 28. Allah SWT berfirman: 

قَالَ يَا قَوْمِ أَرَأَيْتُمْ إِنْ كُنْتُ عَلَىٰ بَيِّنَةٍ مِنْ رَبِّي وَآتَانِي رَحْمَةً مِنْ عِنْدِهِ فَعُمِّيَتْ عَلَيْكُمْ أَنُلْزِمُكُمُوهَا وَأَنْتُمْ لَهَا كَارِهُونَ "Berkata Nuh: 'Hai kaumku, bagaimana pikiranmu, jika aku ada mempunyai bukti yang nyata dari Tuhanku, dan diberinya aku rahmat dari sisi-Nya, tetapi rahmat itu disamarkan bagimu. Apa akan kami paksakankah kamu menerimanya, padahal kamu tiada menyukainya?"

Syekh al-Maghamsi menjelaskan, kata 'anulzimukumuuha' lebih pendek dari kata 'Fa'asqoynakumuuhu'. Sebab, kata 'anulzimukumuuha' itu terdiri dari sepuluh huruf dan itu terdiri dari kata kerja, subjek dan objek pertama serta objek kedua.

Ibnu Mas'ud dalam penafsirannya terhadap surat Al-Hijr ayat 22 yaitu maksudnya adalah angin membawa air sehingga awan menuntunnya atas perintah Allah SWT. Dan awan membawa air seperti serbu.

Sumber: https://mawdoo3.com/%D8%A3%D8%B7%D9%88%D9%84_%D9%83%D9%84%D9%85%D8%A9_%D9%81%D9%8A_%D8%A7%D9%84%D9%82%D8%B1%D8%A2%D9%86_%D8%A7%D9%84%D9%83%D8%B1%D9%8A%D9%85#cite_note-zE9K3MqGuC-5  

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement