Jumat 22 Jan 2021 19:51 WIB

Bagaimana Muslim Sebaiknya Menyikapi Kehidupan Duniawi?

Menjadi terlalu terikat dengan hal-hal duniawi menyimpan bahaya.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Ani Nursalikah
Bagaimana Muslim Sebaiknya Menyikapi Kehidupan Duniawi?
Foto:

Apabila itu terus menumpuk, bisa mengakibatkan seseorang mengalami kecanduan atas hal-hal yang bersifat materi. Seseorang menjadi buta terhadap apa yang sudah dia miliki, dan akhirnya kehilangan rasa syukur.

Said dan Ezzeddine menyimpulkan bersikap bagaikan orang asing terhadap hal-hal duniawi adalah jalan menuju kedamaian hati. Itu akan mengarahkan fokus kepada Allah SWT, alih-alih menyibukkan hati dengan berbagai detail tidak penting.

Seseorang dapat menjalani hidup yang bebas dari kecemasan dan rasa persaingan dengan orang lain. Dia akan lebih mudah memaafkan dan membiarkan segalanya berjalan apa adanya, juga menjadi murah hati dan penyabar.

Dia pun bisa memiliki kemampuan yang lebih kuat untuk memelihara hal-hal tak berwujud dalam hidup. Beberapa aspek penting seperti kasih sayang, kerendahan hati, rasa syukur, dan kesadaran akan kehadiran Allah SWT dalam seluruh kehidupan.

Ketika manusia memahami seluruh dunia ini hanya seperti sayap lalat di hadapan Allah SWT, dia akan melihat tidak ada gunanya menguras energi. Sebuah kesia-siaan merelakan masa muda untuk mengejar banyak hal.

Sebaliknya, dia bisa mengarahkan pandangan pada tujuan dan 'rumah' yang sebenarnya, di mana manusia akan menemukan jawaban atas kerinduan terdalam dan paling berharga. "Hidup ini hanyalah sebuah perjalanan ke tempat itu, dan hidup dengan pengetahuan itu akan membawa pada kedamaian," ujar Said dan Ezzeddine.

 

Sumber: https://aboutislam.net/shariah/hadith/this-hadith/living-like-a-stranger/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement