Selasa 12 Jan 2021 05:59 WIB

Nubuat Rasulullah SAW dan Wasiatnya untuk Mesir 

Rasulullah SAW memberikan nubuat dan wasiat khusus Mesir

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Rasulullah SAW memberikan nubuat dan wasiat khusus Mesir. Suasana kota mati atau bangunan kuburan yang terletak di Kota Kairo, Mesir.

عن أبي ذرّ الغفاريّ رضي الله عنه، أنّ النبيّ صلى الله عليه وسلم قال: إنَّكُمْ سَتَفْتَحُونَ أرْضًا يُذْكَرُ فيها القِيراطُ، فاسْتَوْصُوا بأَهْلِها خَيْرًا، فإنَّ لهمْ ذِمَّةً ورَحِمًا، فإذا رَأَيْتُمْ رَجُلَيْنِ يَقْتَتِلانِ في مَوْضِعِ لَبِنَةٍ، فاخْرُجْ مِنْها. قالَ: فَمَرَّ برَبِيعَةَ، وعَبْدِ الرَّحْمَنِ، ابْنَيْ شُرَحْبِيلَ ابْنِ حَسَنَةَ، يَتَنازَعانِ في مَوْضِعِ لَبِنَةٍ، فَخَرَجَ مِنْها

"Sesungguhnya kamu sekalian (kaum Muslimin) pasti akan dapat menaklukkan negeri Mesir, yaitu suatu wilayah yang terkadang dinamakan Al Qirath. Apabila kalian telah dapat menguasai negeri Mesir, maka berbuat baiklah kepada para penduduknya! Karena, bagaimanapun, mereka memiliki hak untuk dilindungi, sebagaimana kaum kafir dzimmi ataupun karena hubungan tali saudara (atau sebagai dzimmi dan hubungan keluarga dari jalur pernikahan).

Apabila kalian melihat dua orang yang sedang bertikai di Mesir pada lokasi batu bata, maka keluarlah dari tempat itu! 'Abu Dzar berkata: 'Ternyata saya melihat Abdurrahman bin Syurahbil bin Hasanah dan saudaranya yang laki-laki, yaitu Rabi’ah sedang bertengkar di tempat batu bata, maka saya pun keluar dan tempat itu."

Rasulullah memerintahkan untuk memperlakukan orang-orang Kristen Koptik dengan sangat hormat karena umat Muslim bagaimana pun punya ikatan dengan mereka.

 

Disebut terikat karena ibu dari Nabi Ismail yaitu Sayyidah Hajar berasal dari Koptik. Kemudian, istri Nabi SAW yakni Mariya Qibtiyah juga orang Koptik, yang melahirkan anak Nabi SAW bernama Ibrahim.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement