Selasa 12 Jan 2021 05:55 WIB

Para Nabi yang Namanya Diabadikan sebagai Surat Alquran  

Terdapat nama Alquran yang diduplikasi dari nama para nabi

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Nashih Nashrullah
Terdapat nama Alquran yang diduplikasi dari nama para nabi. Ilustrasi Alquran
Foto:

Keempat, surat Yusuf. Selain mengandung kisah perjuangan sang anak kesayangan Nabi Yakub, surat ke 12 yang diturunkan di Mekkah ini juga berisi cerita-cerita gaib yang diwahyukan kepada nabi akhir zaman, Rasulullah SAW.

Dari cerita Yusuf ini, Nabi Muhammad mengambil pelajaran-pelajaran yang banyak dan merupakan penghibur terhadap dia dalam menjalankan tugasnya.

Menurut riwayat Al Baihaqi dalam kitab Ad-Dalail bahwa segolongan orang Yahudi masuk agama Islam sesudah mereka mendengar cerita Yusuf ini, karena sesuai dengan cerita-cerita yang mereka ketahui. 

Kelima, surat Yunus. Surat ke-10 ini termasuk surat Makkiyah, kecuali ayat 40, 94 dan 95 yang diturunkan di Madinah.

Meski bernama Yunus, namun surat yang terdiri dari 109 ayat ini tidak menceritakan banyak tentang kisah Nabi Yunus, justru kisah terpanjang dalam surat ini adalah kisah Nabi Musa, Bani Israel, dan Fir’aun.

Kata ‘Yunus’ bahkan hanya terdapat pada ayat 98, yang menurut para Cendikiawan Muslim merupakan bagian terpenting dari surat ini. 

 

Keenam, surat Hud. Surat yang diturunkan setelah surat Yunus ini merupakan surat makiyah dan bukan hanya berisi kisah perjuangan Nabi Hud saja, namun juga beberapa nabi lain, seperti Nih, Shaleh, Ibrahim, Luth, Syu’aib, dan Musa.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement