Ahad 10 Jan 2021 05:03 WIB

7 Sedekah Jariyah yang Mudah Dilakukan, Apa Saja?

Sedekah jariyah memberi pahala berkelanjutan hingga meninggal.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Ani Nursalikah
7 Sedekah Jariyah yang Mudah Dilakukan, Apa Saja?
Foto:

1. Tanam pohon. Setiap kali seseorang mendapat manfaat dari pohon dengan duduk di tempat teduh atau dengan memakan buahnya, kita akan menerima pahala karenanya. 

2. Membantu (melalui keuangan atau fisik) dalam membangun masjid atau panti asuhan. 

3. Membayar pendidikan pelajar atau memberikan pendidikan gratis

4. Bantu seseorang mempelajari doa atau mengirimi mereka doa/surah untuk dibaca. Kita bahkan bisa mendistribusikan salinan Alquran atau doa kepada orang-orang. Setiap kali mereka membaca doa/surah, tindakan itu akan menjadi sedekah jariyah untuk kita. 

5. Membesarkan seorang yatim piatu. Kita dapat mensponsori sebagian kebutuhannya dengan meminjamkan dukungan keuangan atau meningkatkannya.

6. Mengadakan sumur. Tujuannya, agar setiap orang yang mengambil air untuk minum dari sumur, bisa memberikan pahala bagi kita dari Allah SWT.

7. Menyumbangkan kursi roda atau beberapa peralatan lain ke rumah sakit atau membantu membangun rumah sakit untuk orang miskin dan yang membutuhkan. Setiap kali rumah sakit atau peralatan digunakan, Anda akan menerima pahala.

Tindakan-tindakan tersebut memang tidak memerlukan banyak usaha. Namun, siapa sangka, manfaat yang akan mereka peroleh tidak terbatas.

Ketika orang, hewan atau pada dasarnya siapa pun yang akan mendapat manfaat dari tindakan ini setelah kita mati, pahala akan terus terkumpul dari perbuatan baik yang dilakukan ketika masih hidup. Demikian pula, seseorang dapat berkontribusi dengan uang dan mencari nafkah bagi banyak orang. Semakin banyak kita rela menghabiskan kebaikan di jalan Allah SWT, semakin banyak berkah yang dianugerahkan kepada kita oleh-Nya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement