Selasa 05 Jan 2021 09:13 WIB

Allah Meneguhkan Kedudukan Hamba yang Menolong Agama

Allah menolong hamba yang menolong agama.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
Allah Meneguhkan Kedudukan Hamba yang Menolong Agama. Foto:    Berdoa (Ilustrasi)
Foto: Republika
Allah Meneguhkan Kedudukan Hamba yang Menolong Agama. Foto: Berdoa (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Dalam surat Muhammad Ayat 7 Allah SWT menegaskan siapa saja dari umat yang beriman menolong agama-Nya maka Allah akan menolongnya. Ayat 7 itu artinya "Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu."

Kepastian Allah SWT akan menolong umatnya yang telah menolong agamanya ditegaskan dalam surat Al-Hajj ayat 40 yang artinya.

Baca Juga

"Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama)-Nya."

Ibnu Katsir dalam tafsirnya ayat 7 di surat Muhammad di akhir kalimat. "Dan meneguhkan kedudukanmu."

Dalam hal ini, Ibnu Katsir seperti yang disebutkan di dalam sebuah hadis yang mengatakan:

"مَنْ بَلَّغ ذَا سُلْطَانٍ حَاجَةَ مَنْ لَا يَسْتَطِيعُ إِبْلَاغَهَا، ثَبَّتَ اللَّهُ قَدَمَهُ عَلَى الصِّرَاطِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ".

Barang siapa yang menyampaikan kepada sultan (penguasa) keperluan orang yang tidak mampu menyampaikannya, maka Allah akan meneguhkan kedua telapak kakinya di atas sirat kelak pada hari kiamat.

Pendiri Pondok Pesantren KunoTahfizdul Qur'an & Ilmu Hadist Barokah Madinah Al-Minangkabawi KH Zulkifli Ahmad Jundim Lc mengatakan, barang siapa yang berjuang karena tokoh maka suatu saat tokoh itu pasti akan mati...!

"Barang siapa yang berjuang karena organisasi atau partai,maka organisasi/ partai itu bisa jadi bubar," katanya dalam kajian virtualnya.

Akan tetapi, harus diingat barang siapa yang berjuang karena agama,maka dia adalah akan jadi pemenang yang maha hidup dan tidak akan pernah mati. Sesuai surah Muhammad ayat 7 barang siapa yang berjuang karena menolong agama Allah maka pasti dan pasti Allah akan menolongnya,dan tidak perlu diragukan lagi.

"Barang siapa mau tolong agama Allah maka pasti Allah akan tolong dia," katanya.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement