Selasa 29 Dec 2020 06:09 WIB

Bagaimana Sikap Istri Bila Suami Membangkang?

Kehidupan rumah tangga harus dibina minimal atas dasar saling mendasari.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Bagaimana Sikap Istri Bila Suami Membangkang?. Ilustrasi Suami Istri
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Bagaimana Sikap Istri Bila Suami Membangkang?. Ilustrasi Suami Istri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai istri sudah sepatutnya menghormati dan menaati suami. Namun, bagaimana jika kondisinya suami yang membangkang?

Kehidupan rumah tangga harus dibina minimal atas dasar saling mendasari. Jika karena suami membangkang istri lantas memukulnya, di mana letak penghormatan yang didambakan?

Baca Juga

Pakar Tafsir Alquran Prof. Quraish Shihab mengatakan dalam bukunya, Islam yang Disalahpahami, tidak mungkin Islam mempersamakan tuntunannya menyangkut pembangkangan suami terhadap istrinya sama sepenuhnya dengan pembangkangan istri terhadap suaminya. Tuntunan Islam menyangkut pembangkangan suami dijelaskan dalam Alquran.

Allah berfirman dalam surat An-Nisa’ ayat 128:

 

وَاِنِ امْرَاَةٌ خَافَتْ مِنْۢ بَعْلِهَا نُشُوْزًا اَوْ اِعْرَاضًا فَلَا جُنَاحَ عَلَيْهِمَآ اَنْ يُّصْلِحَا بَيْنَهُمَا صُلْحًا ۗوَالصُّلْحُ خَيْرٌ ۗوَاُحْضِرَتِ الْاَنْفُسُ الشُّحَّۗ وَاِنْ تُحْسِنُوْا وَتَتَّقُوْا فَاِنَّ اللّٰهَ كَانَ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرًا

"Wa inimra`atun khāfat mim ba'lihā nusyụzan au i'rāḍan fa lā junāḥa 'alaihimā ay yuṣliḥā bainahumā ṣul-ḥā, waṣ-ṣul-ḥu khaīr, wa uḥḍiratil-anfususy-syuḥḥ, wa in tuḥsinụ wa tattaqụ fa innallāha kāna bimā ta'malụna khabīrā."

Terjemahan: “Dan jika seorang perempuan khawatir suaminya akan nusyuz atau bersikap tidak acuh, maka keduanya dapat mengadakan perdamaian yang sebenarnya, dan perdamaian itu lebih baik (bagi mereka) walaupun manusia itu menurut tabiatnya kikir. Dan jika kamu memperbaiki (pergaulan dengan istrimu) dan memelihara dirimu (dari nusyuz dan sikap acuh tak acuh), maka sungguh, Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan.”

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement