Selasa 29 Dec 2020 05:55 WIB

Golongan yang akan Merugi Kelak pada Hari Kiamat

Terdapat orang yang akan merugi kelak hari kiamat

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Terdapat orang yang akan merugi kelak hari kiamat. Hari Kiamat (ilustrasi)
Foto:

Pada ayat ini, kemudian Allah menjelaskan derita yang orang-musyrik itu alami. Mereka akan diletakkan di tengah-tengah api neraka yang berlapis-lapis. Di bagian atas terdapat api yang berlapis-lapis dan di bawahnya pun demikian pula. Mereka berada di puncak derita, karena mereka dikepung oleh api neraka. Allah SWT berfirman:

يَوْمَ يَغْشٰىهُمُ الْعَذَابُ مِنْ فَوْقِهِمْ وَمِنْ تَحْتِ اَرْجُلِهِمْ وَيَقُوْلُ ذُوْقُوْا مَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ   Pada hari (ketika) azab menutup mereka dari atas dan dari bawah kaki mereka dan (Allah) berkata (kepada mereka), ”Rasakanlah (balasan dari) apa yang telah kamu kerjakan!” (al-Ankabut [29]: 55). 

Dan firman-Nya: لَهُمْ مِّنْ جَهَنَّمَ مِهَادٌ وَّمِنْ فَوْقِهِمْ غَوَاشٍ "Bagi mereka tikar tidur dari api neraka dan di atas mereka ada selimut (api neraka)". (QS al-A‘raf [7]: 41).

Siksa-siksa yang dahsyat itu dikemukakan Allah tiada lain hanyalah untuk menakut-nakuti hamba-Nya, agar mereka sadar dan insaf serta kembali kepada jalan yang lurus, jalan yang ditunjukkan Rasulullah SAW serta suka memohon ampun kepada Allah atas dosa-dosa yang telah mereka kerjakan.   

 

Pada akhir ayat, Allah  SWT memerintahkan Rasul-Nya agar menyeru para hamba-Nya agar bertakwa, suka menaati perintah-Nya, dan menjauhi larangan-Nya. Seruan itu menunjukkan sifat kasih sayang Allah terhadap hamba-hamba-Nya dan kebijaksanaan-Nya yang tak ternilai tingginya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement