Kamis 24 Dec 2020 18:03 WIB

Ketika Rasulullah SAW Fasilitasi Nasrani Jalankan Ibadat

Rasulullah SAW memberikan fasilitas Nasrani untuk laksanakan ibadat

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Nashih Nashrullah
Rasulullah SAW memberikan fasilitas Nasrani untuk laksanakan ibadat. Ilustrasi Rasulullah
Foto: Republika/Mardiah
Rasulullah SAW memberikan fasilitas Nasrani untuk laksanakan ibadat. Ilustrasi Rasulullah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ada banyak  teladan Rasulullah SAW tentang hubungannya dengan orang-orang non-Muslim. 

Misal, kisah Rasulullah memberi makan orang tua beragama Yahudi. Pendiri Pusat Studi Alquran (PSQ) Jakarta, Prof M Quraish Shihab mengatakan ada kisah Nabi yang jarang diketahui, yaitu membuat perjanjian dengan kaum Nasrani.

Baca Juga

Kala itu, diskusi antara Nabi dengan rombongan Nasrani dari Najran (perbatasan Saudi dengan Yaman) dilakukan. Saat tiba waktu kebaktian, Nabi mempersilahkan masjidnya untuk dipakai pada hari kebaktian. Allah berfirman dalam surat Al-Hajj ayat 40 :

ۨالَّذِيْنَ اُخْرِجُوْا مِنْ دِيَارِهِمْ بِغَيْرِ حَقٍّ اِلَّآ اَنْ يَّقُوْلُوْا رَبُّنَا اللّٰهُ ۗوَلَوْلَا دَفْعُ اللّٰهِ النَّاسَ بَعْضَهُمْ بِبَعْضٍ لَّهُدِّمَتْ صَوَامِعُ وَبِيَعٌ وَّصَلَوٰتٌ وَّمَسٰجِدُ يُذْكَرُ فِيْهَا اسْمُ اللّٰهِ كَثِيْرًاۗ وَلَيَنْصُرَنَّ اللّٰهُ مَنْ يَّنْصُرُهٗۗ اِنَّ اللّٰهَ لَقَوِيٌّ عَزِيْزٌ

 

Allażīna ukhrijụ min diyārihim bigairi ḥaqqin illā ay yaqụlụ rabbunallāh, walau lā daf'ullāhin-nāsa ba'ḍahum biba'ḍil lahuddimat ṣawāmi'u wa biya\'uw wa ṣalawātuw wa masājidu yużkaru fīhasmullāhi kaṡīrā, wa layanṣurannallāhu may yanṣuruh, innallāha laqawiyyun 'azīz. 

“(Yaitu) orang-orang yang diusir dari kampung halamannya tanpa alasan yang benar, hanya karena mereka berkata, “Tuhan kami ialah Allah.” Seandainya Allah tidak menolak (keganasan) sebagian manusia dengan sebagian yang lain, tentu telah dirobohkan biara-biara Nasrani, gereja-gereja, rumah-rumah ibadah orang Yahudi dan masjid-masjid, yang di dalamnya banyak disebut nama Allah. Allah pasti akan menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sungguh, Allah Mahakuat, Mahaperkasa.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement