Senin 14 Dec 2020 13:40 WIB

Al-Azhar Asy-Syarif Magnet Pelajar Dunia

Al-Azhar Asy-Syarif merupakan universitas tertua di dunia.

Al-Azhar Asy-Syarif Magnet Pelajar Dunia. Universitas Al Azhar Mesir
Foto:

Al-Azhar pada awalnya didirikan oleh Jauhar ash-Shiqly, seorang panglima pada Dinasti Fatimiyyah. Al-Azhar kemudian terus eksis menjadi pusat keilmuan Islam pada dinasti Ayyubiyah dan mencapai masa keemasannya pada dinasti Mamluk.

Di altarnya pula para ulama yang tak terhitung jumlahnya, belajar dan mengajarkan ilmu-ilmu agama dan sains. Sebut saja Ibnu Khaldun, Ibnu Hajar al-Asqallani (penulis kitab Fathul Bârî syarh Sha­hîh al-Bukhâri), as-Suyuti dan para ulama lainnya. Selanjutnya, al-Azhar berkembang hingga zaman modern dan menjadi sebuah universitas modern dengan memindahkan kegiatan pengajarannya dari Masjid Al-Azhar ke bangku kuliah dengan sistem pendidikan yang modern. 

Karena pentingnya nilai al-Azhar asy-Syarif dan segala informasi tentangnya, hal ini mendorong Cecep Taufiqurahman menulis buku Menuju Kiblat Ilmu yang berisi informasi-informasi yang berkaitan dengan Lembaga al-Azhar asy-Syarif.

Sebagai salah satu putra Indonesia yang telah mengenyam pendidikan S2 Aqidah Filsafat di Universitas al-Azhar yang terkenal sulit untuk ditaklukkan, ia paham seluk beluknya terlebih lagi pengalamannya selama beberapa tahun menjadi staf di Kantor Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kairo.

Buku ini bahkan pernah dibedah di beberapa saluran televisi di Mesir sebagai karya orang asing (non-warga negara Mesir) yang membahas lika-liku belajar di Al-Azhar. Selain itu, royalti hasil penjualan buku ini akan disumbangkan untuk pengembangan Yayasan Pendidikan Misykat Rabbaniyyah di Rangkaekek, Bandung.

Salah satu informasi yang sangat penting adalah menanggapi minat para pelajar Indonesia yang ingin ke belajar di Al-Azhar, adalah memberikan informasi secara lengkap tentang tata cara pendaftaran, ujian seleksi dan langkah-langkah pengurusan dokumen hingga berangkat ke Mesir.

Adanya informasi ini sangat penting sekali, mengingat tak semua paham jalur yang benar untuk belajar ke Al-Azhar. Jangan sampai salah menerima informasi karena bisa berakibat fatal, bahkan bisa sampai gagal berangkat.

Secara umum, proses dimulai dengan pendaftaran tes seleksi ujian timur tengah yang diadakan Kementerian Agama RI kemudian dilanjutkan dengan pengurusan berkas yang difasilitasi oleh Ikatan Alumni Al-Azhar Indonesia (IAAI) bagi calon mahasiswa baru yang telah lulus tes seleksi.

Perlu diketahui bahwa mulai 2010-an tidak ada lagi “Terjun Bebas”. Camaba Indonesia hanya bisa masuk Al-Azhar dengan lulus tes seleksi Kemenag.

Setelah sampai di Mesir, camaba akan dites kemampuan bahasa Arab sebelum masuk perkuliahan. Bagi yang di bawah standar akan mengikuti kursus bahasa terkebih dahulu di Markaz Syeikh Zaid sesuai dengan hasil tingkatan (mustawa) yang ia dapat.

Tips-tips sukses dan kiat belajar di Al-Azhar pun turut dibeberkannya. dari bagaimana seorang Sya’ban yang membantunya belajar bahasa ‘Amiyah (bahasa arab sehari-hari) sampai ia mahir dan menguasai. Juga kisah seru pada hari-hari awal perkuliahannnya, sampai kisahnya ketika memperjuangkan haknya dan temannya di depan dosen yang terkenal killer.

Tak ketinggalan dengan kisahnya mendapatkan bantuan dana untuk kelanjutan kuliahnya di Al-Azhar, salah satunya ia dibayari SPPnya oleh Rektor al-Azhar, Grand Syeikh Ahmad Thayyib – yang sekarang menjadi Syaikhul Azhar-.

Mang Cecep, begitu panggilan akrabnya juga menceritakan tentang Masyarakat Indonesia di Mesir, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Masisir dalam buku Menuju Kiblat Ilmu: Panduan Studi di Universitas Al-Azhar Mesir. Sejarah panjang antara Indonesia-Mesir telah membuat banyak WNI tinggal di Mesir yang mayoritas mempunyai tujuan belajar di Al-Azhar. Hal ini membuat Masisir menjadi “Mini Indonesia”. Gambaran masyarakat majemuk Indonesia dengan beragam fenomena dan aktivitas kegiatannya.

 

https://www.suaramuhammadiyah.id/2020/12/12/al-azhar-asy-syarif/

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement