Jumat 04 Dec 2020 09:47 WIB

Dua Ciri Utama Umat Islam

Alquran menyebut dua ciri utama umat Islam sekaligus faktor utama keunggulannya.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Cendekiawan muslim Quraish Shihab menyampaikan paparan pada pembukaan Forum Titik Temu di Jakarta, Rabu (18/9/2019).
Foto:

Ciri utama kedua ajaran Islam menyangkut masyarakat adalah amar makruf dan nahi mungkar. Makruf yaitu segala nilai yang dianggap baik oleh satu masyarakat selama tidak bertentangan dengan nilai-nilai dasar Alquran dan sunnah. Sedangkan mungkar adalah sebaliknya. Makruf dan mungkar bisa beragam dan berbeda antara satu masyarakat dengan masyarakat lain, bahkan antara satu masyarakat pada waktu yang berbeda.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk melaksanakan amar makruf dan nahi mungkar, antara lain apa yang dilarang itu disepakati oleh ulama atau paling tidak mayoritas mereka menilainya terlarang. Termasuk dampak pelarangannya tidak lebih buruk daripada apa yang dilarang. Selain itu, juga harus dipertimbangkan kondisi pelaku amar makruf dan nahi mungkar. Quraish Shihab mengatakan jangan sampai menghambat yang melarang melaksanakan tugasnya pada hari-hari nanti.

Keimanan kepada Allah dan amar makruf nahi mungar mengandung makna, masyarakat mempunyai misi yang harus mereka laksanakan. Tanpa melaksanakannya, tidak wajar mereka menyandang nama “umat atau masyarakat Islam.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement