Rabu 18 Nov 2020 17:38 WIB

Kebiasaan Islami yang Bisa Antarkan pada Kesuksesan

Ada sejumlah kebiasaan Islami untuk menuju kesuksesan yang dapat kita terapkan

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Sholat. Ilustrasi
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Sholat. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kita menghabiskan banyak waktu untuk mengkhawatirkan kesuksesan tanpa menerima perjalanan yang sedang kita hadapi penuh lika-liku. Sukses memiliki arti yang berbeda bagi setiap orang. Uang, keluarga, karier, pekerjaan, stabilitas, dan kedamaian batin hanyalah beberapa bidang kehidupan yang orang ingin capai.

Ajaran Islam mengingatkan, mereka yang berhasil bukanlah orang kaya atau berstatus di dunia melainkan mereka yang berusaha memenuhi kewajiban yang ditetapkan dalam Alquran dan kehidupan Nabi Muhammad SAW.

Dari kebiasaan Rasulullah SAW dan para sahabatnya dapat kita temukan sejumlah kebiasaan Islami untuk menuju kesuksesan yang dapat kita terapkan, dilansir About Islam, Rabu (18/11).

1.Memahami tujuan

Memahami tujuan merupakan komponen utama dalam mengembangkan kebiasaan Islami. Jika kita melihat satu-satunya tujuan hidup kita untuk mendapatkan uang atau memiliki bayi, pola pikir kita hanya terfokus pada tugas. Sayangnya, tugas itu mungkin sesuatu yang tidak pernah kita capai, terlepas dari berapa banyak energi yang kita gunakan untuk berusaha.

Memahami hidup untuk menyembah Allah dan berjuang di jalan yang lurus sangat penting. Itu akan membantu kita berhasil dalam aspek duniawi. Saat kita memahami ada lebih banyak hal dalam hidup daripada apa yang kita perjuangkan, kita dapat menempatkan kesulitan ke dalam sebuah pandangan.

Dengan melakukan itu, kita dapat menghabiskan lebih banyak energi untuk tugas yang ada karena tingkat kekhawatiran yang kita miliki berkurang.

2.Tepat waktu

Sebagai orang beriman, sehari kita harus melaksanakan shalat lima waktu. Dari melaksanakan shalat tepat waktu, ada kebiasaan Islami yang kita peroleh, yakni ketepatan waktu dan fokus. Tepat waktu membuat perbedaan besar pada kinerja kita, baik di sekolah maupun di keluarga. Jika kita terlambat, akan sering membuat kita semakin khawatir dan stres. Berusahalah secara aktif untuk mengembangkan kebiasaan tepat waktu di semua aspek kehidupan anda.

3.Bangun lebih awal

Menyusul dari penjelasan di atas, subuh adalah shalat pertama dalam sehari. Shalat subuh dilakukan saat matahari terbit yang membuat anda bangun lebih awal. Bangun lebih awal kaya akan manfaat.

Kita hidup di masa di mana tidur dan kemalasan adalah hal yang biasa. Tidur berlebihan dapat tidak menghasilkan apa-apa dan sangat merugikan. Selain kehilangan banyak waktu, itu juga memiliki efek merusak pada pola pikir anda.

4.Konsistensi

Kebiasaan Islami lainnya adalah konsistensi. Janganlah bangun lebih awal hanya beberapa kali saja, namun aturlah sehingga menjadi suatu rutinitas. Buatlah menjadi kegiatan yang produktif setiap hari.

5.Penguasaan diri

Ada banyak hal dalam Islam yang diperbolehkan dan ada daftar kecil hal-hal yang tidak diperbolehkan. Penguasaan diri adalah kebiasaan inti Islam untuk sukses dalam praktik keagamaan.

Namun, anda harus menerapkan kebiasaan ini di sepanjang sisa hidup anda. Penerapan penguasaan diri misalnya anda mengendalikan diri untuk menghentikan keinginan anda meraih stoples kue. Lihatlah semua hal lemah yang anda lakukan dan luangkan waktu untuk melawannya. Latih dirimu ya!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement