Selasa 17 Nov 2020 09:05 WIB

7 Cara Memperkaya Hidup dengan Alquran

Alquran merupakan pedoman umat Islam.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
7 Cara Memperkaya Hidup dengan Alquran
Foto:

Mendengar dengan Penuh Perhatian

Salah satu cara terbaik merenungkan Alquran adalah mendengarkannya dengan saksama ketika seseorang sedang membaca atau menjelaskannya. Baik itu mendengarkan pembacaan Alquran, ceramah daring maupun saat bepergian atau menghadiri kelas di sebuah institut atau masjid.

Bertindak

Kita harus berpegang pada Alquran dalam kehidupan kita sehari-hari. Sebab, Alquran adalah kitab yang dikirim sebagai pedoman bagi seluruh umat manusia.

Alquran memberikan panduan lengkap dari memenuhi perjanjian, mengambil pinjaman, meninggalkan warisan, menanggapi kejahatan dengan kebaikan, pernikahan, dan menyerukan Islam. Termasuk prinsip-prinsip membesarkan anak yang shaleh dan bersedekah. Semua tentang cara menjalani hidup damai dijelaskan dalam Alquran.

Mengajarkan pada Orang Lain

Usman Ibn ʻAffan r.a. meriwayatkan Rasulullah SAW bersabda :"Yang terbaik di antara kamu adalah orang yang belajar Alquran dan mengajarkannya (kepada orang lain),” (HR Bukhari).

Mangajarkan Alquran bisa dengan cara sederhana seperti mengundang beberapa teman untuk minum teh. Lalu membacakan sejumlah ayat untuk mereka dalam bahasa Arab diikuti oleh terjemahan dan penjelasan selama setengah jam. Kemudian setiap orang dapat berdiskusi bagaimana ayat-ayat tersebut yang telah dipelajari diterapkan dalam kehidupan mereka.

Surat-surat pendek Alquran dapat diajarkan secara keseluruhan. Manfaat dari kegiatan ini lebih besar daripada sekadar merenungkannya.

Menjadi Salah Satu Ahlul Quran

Ikatan yang mengikat umat Islam atas dasar belajar Alquran bersama-sama tak bisa digambarkan. Itu adalah cinta yang tulus dan tidak duniawi, semata-mata demi Allah. Alquran dapat mewarnai kehidupan umat Islam dengan warna-warna yang cerah, memperkaya jiwa dengan ilmu yang bermanfaat, dan membimbing untuk merasakan penghiburan karena dekat dengan Allah. 

 

https://aboutislam.net/shariah/quran/recite-memorize/7-ways-to-enrich-your-life-with-the-quran/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement