Jumat 13 Nov 2020 09:46 WIB

Misteri Kebangkitan Manusia yang Hanya Bisa Dijawab Agama

Kebangkitan manusia merupakan hal gaib yang harus diimani.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Misteri Kebangkitan Manusia yang Hanya Bisa Dijawab Agama

“Kebangkitan manusia tidak bisa dipecahkan oleh filsafat, tetapi bisa dijawab oleh agama. Seperti keberadaan alam kubur dan malaikat, kebangkitan merupakan hal gaib yang harus diimani. Mendustakannya adalah sebuah pengingkaran dan kesesatan," seperti dikutip buku tersebut. 

Dalam Alquran sudah ditegaskan bagaimana dalam benak orang-orang yang tidak memiliki iman bergelayut pertanyaan tentang hari kebangkitan. Mereka tidak meyakini hari pembalasan itu akan terjadi. 

وَقَالُوٓا۟ أَءِذَا ضَلَلْنَا فِى ٱلْأَرْضِ أَءِنَّا لَفِى خَلْقٍ جَدِيدٍۭ ۚ بَلْ هُم بِلِقَآءِ رَبِّهِمْ كَٰفِرُونَ

Artinya: Dan mereka berkata: "Apakah bila kami telah lenyap (hancur) dalam tanah, kami benar-benar akan berada dalam ciptaan yang baru?" Bahkan mereka ingkar akan menemui Tuhannya." (Al Quran suat As Sajdah ayat 10).

Dijelaskan termasuk pendustaan dan pengingkaran adalah keyakinan bahwa kekuatan yang menjadikan manusia hidup dan mati tidak lain adalah pergantian masa (ad dahr), bukan lainnya. Mereka yang berpendapat demikian dinamakan kaum ad Dahriyyun. 

وَقَالُوا۟ مَا هِىَ إِلَّا حَيَاتُنَا ٱلدُّنْيَا نَمُوتُ وَنَحْيَا وَمَا يُهْلِكُنَآ إِلَّا ٱلدَّهْرُ ۚ وَمَا لَهُم بِذَٰلِكَ مِنْ عِلْمٍ ۖ إِنْ هُمْ إِلَّا يَظُنُّونَ

 

Artinya: Dan mereka berkata: "Kehidupan ini tidak lain hanyalah kehidupan di dunia saja, kita mati dan kita hidup dan tidak ada yang akan membinasakan kita selain masa", dan mereka sekali-kali tidak mempunyai pengetahuan tentang itu, mereka tidak lain hanyalah menduga-duga saja." (Alquran surat Al Jatsiyah ayat 24).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement