Kamis 12 Nov 2020 14:10 WIB

Pesan Rasulullah: Tunaikan Amanah

Amanah bisa membawa ke surga.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Pesan Rasulullah: Tunaikan Amanah
Foto: EPA
Pesan Rasulullah: Tunaikan Amanah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rasulullah SAW diberi gelar Al-Amin yang berarti amanah. Sifat Al-Amin dan Ash-Shadiq dalam diri Rasulullah yang paling menonjol.

Dikutip dari Ensiklopedi Akhlak Rasulullah Jilid 2 oleh Syaikh Mahmud Al-Mishri, dalam kitab Ash-Shahihain disebutkan sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Abbas. Ia berkata, “Telah mengabarkan kepada kami Abu Sufyan bahwa Raja Heraklius berkata kepadanya: “Aku telah bertanya kepadamu apa yang ia perintahkan kepada kalian, lalu kamu menjawab bahwa ia memerintahkan kalian untuk sholat, bershadaqah, menjauh diri dari berbuat buruk, menunaikan janji, dan melaksanakan amanah.” Kemudian ia berkata: “Ini adalah di antara sifat-sifat seorang Nabi,” (Muttafaq ‘Alaih: Al-Bukhari 2681 Kitab Asy-Syahadah dan Muslim 1773 Kitab Al-Jihad wa As-Sair).

Baca Juga

Rasulullah pun mendorong umatnya untuk menjalankan amanah. Sebab, amanah bisa membawa mereka ke surga.

Beliau bersabda, “Jaminlah enam hal untukku dari diri kalian, saya akan menjamin surga untuk kalian: jujurlah jika berbicara, tepatilah jika kalian berjanji, tunaikanlah amanat jika kalian serahi amanat, jagalah kemaluan kalian, tundukkan pandangan kalian, dan tahanlah tangan kalian,” (Hadits Hasanm diriwayatkan Ahmad 22251).

 

Dari hadits tersebut, Rasulullah memerintahkan umat Muslim untuk menunaikan amanah sekali pun orang-orang di sekitar tidak amanah. Rasulullah bersabda, “Tunaikanlah amanah kepada orang yang mempercayaimu dan janganlah engkau mengkhianati orang yang mengkhianatimu,” (HR Abu Dawud 3535 Kitab Al-Buyu’ dan At-Tirmidzi 1264 Kitab Al-Buyu’).

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement