Jumat 16 Oct 2020 07:27 WIB

Ancaman Bagi yang tidak Berdzikir pada Allah

Orang yang tidak berdzikir berada dalam kesesatan yang nyata.

Ancaman Bagi yang tidak Berdzikir pada Allah
Foto: M RISYAL HIDAYAT/ANTARA FOTO
Ancaman Bagi yang tidak Berdzikir pada Allah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Diantara makna dzikir adalah mengingat Allah, dalam arti menghadirkan dalam hati. Dzikir juga memiliki beragam manfaat bagi manusia.

Sayangnya, masih ada insan yang sengaja atau tidak sengaja melupakan berdzikir. Ayat Alquran berikut ini menerangkan mengenai ancaman Allah bagi Muslim yang tidak berdzikir mengingatnya. 

Baca Juga

Tersesat bagi hati yang membatu tidak berdzikir

Q.S.az-Zumar/39:22:

 

أَفَمَنْ شَرَحَ اللهُ صَدْرَهُ لِلإِسْلامِ فَهُوَ عَلَى نُورٍ مِنْ رَبِّهِ فَوَيْلٌ لِلْقَاسِيَةِ قُلُوبُهُمْ مِنْ ذِكْرِ اللهِ أُولَئِكَ فِي ضَلالٍ مُبِينٍ (22)

"Maka apakah orang-orang yang dibukakan Allah hatinya untuk (menerima) agama Islam lalu ia mendapat cahaya dari Tuhannya (sama dengan orang yang membatu hatinya)? Maka kecelakaan yang besarlah bagi mereka yang telah membatu hatinya untuk mengingat Allah. Mereka itu dalam kesesatan yang nyata."

Termasuk golongan orang-orang yang merugi

Q.S.al-Munafiqun/63:9:

يَاأَيُّهَاالَّذِينَ آمَنُوالا تُلْهِكُمْ أَمْوَالُكُمْ وَلاأَوْلادُكُمْ عَنْ ذِكْرِاللهِ وَمَنْ يَفْعَلْ ذَلِكَ فَأُولَئِكَ هُمُ الْخَاسِرُونَ (9)

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah harta-hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Barang siapa yang membuat demikian maka mereka itulah orang-orang yang rugi."

Ditimpa kehidupan yang sempit

Q.S.Taha/20:124

وَمَنْ أَعْرَضَ عَنْ ذِكْرِي فَإِنَّ لَهُ مَعِيشَةً ضَنْكًا وَنَحْشُرُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَعْمَى (124)

"Dan barang siapa berpaling dari peringatan-Ku, ma ka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta."

Lantas, bagaimana etika saat berdzikir? Hendaknya kita berdzikir dengan merendahkan diri, rasa takut, dan suara yang pelan.

Q.S.al-A’raf/7:205:

وَاذْكُرْرَبَّكَ فِي نَفْسِكَ تَضَرُّعًاوَخِيفَةًوَدُونَ الْجَهْرِ مِنَ الْقَوْلِ بِالْغُدُوِّ وَاْلآصَالِ وَلا تَكُنْ مِنَ الْغَافِلِينَ (205)

"Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai."

https://www.suaramuhammadiyah.id/2020/10/05/memanfaatkan-stay-at-home-dengan-selalu-berzikir/

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement