Kamis 15 Oct 2020 11:25 WIB

Awal Mula Munculnya Kerajaan Ottoman

Kerajaan Ottoman muncul sekitar tahun 1300.

Awal Mula Munculnya Kerajaan Ottoman. Ilustrasi suasana di Kerajaan Ottoman.
Foto:

Jatuhnya pertahanan Byzantine dan munculnya dinasti Muslim tidak diragukan telah mendorong imigrasi bangsa Turki. Demikian juga dengan geografisnya. Tampak bangsa Turki yang bermigrasi dari Transoxania ke Timur Tengah pada dasarnya menjalankan hidup seminomaden dengan menggembala ternak.

Anatolia kemudian merasa sangat nyaman dengan cara hidup seperti ini. Tanah pantai Mediterania dan daratan di bagian utara Syria memberi mereka iklim dingin yang hangat.

Sementara itu, di musim panas mereka dan binatang ternak mereka dapat mengikuti mundurnya garis salju ke dataran tinggi padang rumput di Pegunungan Taurus dan dataran tinggi Anatolia.

Banyak dari mereka yang kemudian meninggalkan kehidupan menggembala ternak dan bermukim di pedesaan. Bangsa Turki tidak diragukan lagi telah menciptakan sebuah elemen penting dalam kerajaan Seljuk Anatolia.

photo
Suasana masyarakat dalam dinasti Ottoman. - (wikipedia)

Namun, mereka tidak membentuk kelas penguasa. Bahasa pemerintahan pada abad ke-12 dan ke-13 adalah bahasa Persia.

Ada perbedaaan tajam antara kelompok elite yang berbicara Persia di perkotaan dan yang berbahasa Turki di daerah pedalaman. Peristiwa-peristiwa di abad ke-13-lah yang meningkatkan status politik para pembicara bahasa Turki di Anatolia.

Peristiwa yang sama juga membawa pemisahan di Anatolia dan Semenanjung Balkan. Hal ini memungkinkan berdirinya kerajaan yang menjadi Kerajaan Ottoman dan mendukung perkembangannya secara cepat.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement