Rabu 14 Oct 2020 15:19 WIB

Fenomena Alam yang akan Tandai Terjadinya Kiamat Saat Itu

Terdapat sejumlah fenomena alam yang menandai datangnya kiamat.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Terdapat sejumlah fenomena alam yang menandai datangnya kiamat.  Hari Kiamat (Ilustrasi)

photo
Danau dan Kota Tiberias. - (holyland-pilgrimage.org)

3. Keringnya Danau Tiberias

Danau Tiberias ada di dekat Dataran Tinggi Golan dan ini merupakan danau air tawar terbesar di Palestina. Danau Tiberias memiliki arti tersendiri bagi tiga agama yaitu Yahudi, Kristen dan Islam. Dalam sebuah riwayat hadis dari Nawwas bin Sam'an, dapat diketahui bahwa danau tersebut punya kaitan dengan tanda Hari Kiamat. Hadis itu menyampaikan, Dajjal, yang muncul di akhir Zaman, akan meminum air danau Tiberis sampai kering.

Dalam buku Kiamat Sudah Dekat?, oleh Dr Muhammad al-’Areifi terdapat hadits yang menjelaskan Ya’juj dan Ma’juj turun dari tempat yang tinggi. عن النواس بن سمعان -رضي الله عنه- أن رسول الله -صلى الله عليه وسلم- قال: ...وَيَبْعَثُ اللَّهُ يَأْجُوجَ وَمَأْجُوجَ وَهُمْ مِنْ كُلِّ حَدَبٍ يَنْسِلُونَ ، فَيَمُرُّ أَوَائِلُهُمْ عَلَى بُحَيْرَةِ طَبَرِيَّةَ فَيَشْرَبُونَ مَا فِيهَا ، وَيَمُرُّ آخِرُهُمْ فَيَقُولُونَ لَقَدْ كَانَ بِهَذِهِ مَرَّةً مَاءٌ...  

An-Nawwas ibn Sam’an RA meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Allah lalu mengirim Ya’juj dan Ma’juj. Mereka turun dengan cepat dari setiap tempat yang tinggi. Kelompok pertama dari mereka melintasi Danau Tiberias dan meminum seluruh airnya. Setelah itu, kelompok terakhir mereka juga melintasi danau itu seraya berkata “Dulu, pernah ada air di lembah ini.” (HR Muslim)

Hampir tiap tahun pun Danau Tiberis selalu menyusut air yang lantas dikaitkan dengan tanda Hari Kiamat kian dekat. Mantan mufti agung Mesir, Syekh Ali Jum’ah meyakini, mengeringnya Danau Tiberias merupakan bagian tanda-tanda kiamat. Namun, mengenai kapan kiamat sendiri tida bisa dipastikan dengan berpatokan pada menyusutnya Danau Tiberias.  

4. Api dari Lembah Aden

Salah satu tanda kiamat yang disampaikan Nabi Muhammad SAW dalam hadis riwayat Hudzaifah itu, adalah api yang muncul dari Lembah Aden, kemudian manusia akan digiring ke tempat perkumpulan mereka. Api ini akan menemani manusia di mana pun mereka berada. Api juga akan tetap ada ketika siang dan terus menemani para manusia di mana saja manusia beristirahat.

Sementara dalam buku Israfil AS dan Peristiwa Kiamat oleh Mansur Abdul Hakim menyebut Kiamat akan menimpa manusia, begitu tiupan Israfil yang membinasakan akan menimpa mereka. Ketika terjadinya hal itu, akan keluar api dari Yaman yang akan mengumpulkan manusia ke suatu tempat berkumpul (Mahsyar).  

Saat ini kota Aden di Yaman berada di atas lereng gunung berapi yang besar yang dapat meledak sewaktu-waktu. Dalam riwayat Al-Tirmizi, Rasulullah SAW bersabda, “Api itu akan keluar dari dasar lereng Aden, mengerah manusia. Api itu akan diam ketika manusia tertidur, api itu berjalan ketika manusia berjalan.”

 

Laut di mana terletak kota Aden juga dinamakan Teluk ‘Aden atau Laut Hadramaut. Di sana terdapat lembah bernama Lembah Barhut, yang terletak di lereng kota Aden. Masyarakat sekitar menyebutnya Wadi an-Nar (Lembah Api).  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement