Kamis 10 Sep 2020 16:59 WIB

Ibarat Kehilangan Induknya, Siapa Pimpin Ikhwanul Muslimin?

Ikhwanul Muslimin kehilangan kepemimpinan pascapenangkapan Ezzat.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah
Ikhwanul Muslimin kehilangan kepemimpinan pascapenangkapan Ezzat. Logo ikhwanul muslimin
Foto: tangkapan layar wikipedia.org
Ikhwanul Muslimin kehilangan kepemimpinan pascapenangkapan Ezzat. Logo ikhwanul muslimin

REPUBLIKA.CO.ID, Penangkapan Mahmoud Ezzat yang bertindak sebagai pemandu tertinggi Ikhwanul Muslimin, merupakan pukulan terberat yang diterima organisasi Islam itu dalam lima tahun terakhir. Ini akan berdampak besar pada organisasi dan menimbulkan beberapa pertanyaan.

Mengapa Ezzat tidak melarikan diri ke luar negeri seperti para pemimpin Ikhwanul lainnya? Siapa yang akan menggantikannya sebagai pemandu tertinggi? Bagaimana proses suksesi mempengaruhi struktur dan organisasi operasi? 

Baca Juga

Berdasarkan peraturan Ikhwanul Muslimin, hanya anggota yang tinggal di Mesir yang dapat mengambil alih komando yang secara teoritis menghilangkan opsi penerbangan bagi orang yang mengisi pos tersebut. Aturan tersebut, bagaimanapun, cenderung dipengaruhi oleh kondisi yang dihadapi kelompok tersebut.

Menurut artikel yang ditulis Ahmed Kamel Al-Beheiri dan dipublikasikan Ahram Online pada Ahad (7/9). Jatuhnya rezim Ikhwanul Muslimin pada Juli 2013 mengirimkan celah melalui organisasinya. Faksi muncul yang menentang faksi lama yang dipimpin Ezzat dan menyalahkan jatuhnya rezim Ikhwanul Muslimin pada anggota seperti Ezzat, Khairat Shater, dan Mohamed Badie.

Salah satu produk dari perpecahan tersebut adalah pembentukan Komite Administrasi Tinggi Mohamed Kamal pada 2015 sebagai alternatif dari perintah Ezzat. Ini satu faktor yang memaksa Ezzat untuk tetap berada di Mesir. Dia perlu menahan oposisi dan perpecahan untuk mengendalikan organisasi.

Sementara itu dorongan lainnya datang dari sekelompok pemuda Ikhwanul Muslimin yang dipenjara, mereka yang memprakarsai inisiatif rekonsiliasi yang melibatkan revisi ideologis. Banyak dari mereka juga menyalahkan faksi lama, terutama sayap yang dipimpin Shater, Badie, dan Ezzat atas ketidakpuasan publik yang ditimbulkan rezim Ikhwanul Muslimin dan atas kekerasan yang terjadi setelah kejatuhannya pada 2013.

Dorongan untuk bertaubat sebagaimana yang diserukan di media, mengguncang Ikhwanul Muslimin tepat saat penegasan kembali kendali Mesir atas wilayahnya dan pengetatan keamanan perbatasan membuat hampir mustahil bagi Ezzat untuk melarikan diri. Pada akhirnya, dia tidak punya pilihan lain selain bersembunyi.

Sementara itu, sayap yang dipimpin oleh Mohamed Kamal mengeluarkan manifesto yang disebut Gerakan Revolusi Rakyat yang memberikan sanksi penggunaan senjata terhadap negara dan mengarah pada pembentukan sejumlah organisasi teroris yang memisahkan diri seperti Hasm dan Brigade Revolusi. 

Sebagian besar anggota organisasi teroris ini telah dieliminasi dan aktivitas mereka dihentikan. Serangan terakhir mereka, yang menargetkan Institut Kanker adalah setahun yang lalu. Mohamed Kamal dan teman-temannya kemudian ditangkap, melemahkan pengaruh mereka di dalam organisasi dan memungkinkan Mohamed Ezzat untuk menegaskan kembali kendalinya.

Kepemimpinan Ezzat hampir tidak terbantahkan sejak 2018, yang berarti penangkapannya baru-baru ini akan menjerumuskan organisasi ke dalam krisis terbesarnya sejak penangkapan 2013 atas para pemimpin teras, pembubaran partai politik dan penunjukan Ikhwanul Muslimin sebagai organisasi teroris.

Penahanannya akan memicu gelombang perselisihan dan perpecahan antar faksi, memperburuk konflik antara pengawal lama yang meliputi Badie, Ezzat, dan Shater, Ibrahim Mounir dan Mohamed Hussein, dua anggota Biro Pembinaan yang sekarang belum ditangkap, dan sayap Ikhwanul yang sebagian besar berbasis di Turki, yang lebih dekat dengan salafi jihadis seperti organisasi salafi dan beberapa anggota jihad Islam seperti Tarek Al-Zomor dan Assem Abdel-Meguid.

Ini adalah sayap yang mendukung Komite Administrasi Tinggi yang dibentuk pada 2015, menganjurkan penggunaan kekerasan dan mendukung munculnya organisasi teroris seperti Hasm dan Brigade Revolusi.

photo
Mahmoud Ezzat - (Dok Istimewa)

Meskipun pertarungan antara dua sayap ini mereda dengan kematian Kamal, hal itu pasti akan muncul kembali setelah penangkapan Ezzat. Kontes atas penerus Ezzat akan menjadi katalisator untuk perpecahan lebih lanjut dan memperburuk perpecahan generasi dalam tingkat dan catatan Ikhwanul. 

Dari dua anggota Biro Bimbingan, Ibrahim Mounir dan Mahmoud Hussein, yang tetap berada di luar penjara adalah orang yang secara teknis paling memenuhi syarat untuk menggantikan Ezzat di bawah anggaran rumah tangga Ikhwanul. Mounir adalah wakil pemandu tertinggi dan sekretaris jenderal organisasi internasional Ikhwanul.

Tapi ada masalah, Mounir tidak berada di Mesir, yang bertentangan dengan ketentuan yang mewajibkan orang yang memegang komando bertempat tinggal di negara tersebut. Setiap upaya untuk mengubah, menafsirkan ulang atau hanya mengabaikan ketentuan ini dapat memicu perselisihan antara anggota Ikhwanul Muslimin di Mesir dan mereka yang berbasis di luar negeri.

Mounir juga sosok yang memecah belah dan tidak terlalu disukai, terutama di antara anggota yang lebih muda. Hussein seperti Mounir, tinggal di Turki. Dia dikabarkan lemah, kurang memiliki kualitas kepemimpinan yang dibutuhkan untuk mengumpulkan anggota di belakangnya dan memperkuat perpecahan.

Jadi apa kemungkinan muncul kandidat alternatif untuk mengambil alih organisasi Ikhwanul Muslimin? Setelah penangkapan Ezzat, ada tiga kemungkinan skenario. Pertama, anggota dari faksi lama entah Mounir atau Hussein akan berhasil mengambil alih. Kedua, seorang kandidat dipilih Dewan Syura Kelompok, meskipun hal ini akan membutuhkan konsensus yang dibangun antara Ikhwanul di Mesir dan mereka yang berada di luar negeri. 

Tantangan logistik untuk ini terlarang, bagaimana komunikasi yang diperlukan antara pemimpin Ikhwanul di penjara dan mereka yang berada di luar negeri dapat dicapai. Kemungkinan ketiga adalah Komite Administrasi Tinggi dibentuk kembali untuk memasukkan, selain Mounir dan Hussein, perwira tingkat menengah serta beberapa adik laki-laki.

Skenario terakhir tampaknya paling mungkin, meskipun bisa dengan mudah digagalkan oleh kembalinya masalah lama. 

Untuk beberapa waktu sekarang cabang Ikhwanul Muslimin di seluruh wilayah, khususnya di Kuwait, Yordania, dan Tunisia, berpendapat bahwa calon pemandu tertinggi tidak boleh terbatas pada tokoh-tokoh yang tinggal di Mesir.

Mereka cenderung melihat penangkapan Ezzat sebagai waktu yang tepat untuk menekan tuntutan mereka dan akan melakukannya pada saat pengaruh Ikhwanul Muslimin Mesir terhadap Ikhwanul Muslimin di luar negeri berada pada titik terendah sepanjang waktu.

Sejarawan Ikhwanul Muslimin dan gerakan Islamis pada umumnya harus mengajukan sejumlah pertanyaan pada diri mereka sendiri pada saat ini. Mungkinkah Badie menjadi pemandu tertinggi Mesir terakhir?

Dan apakah Ikhwanul Muslimin Mesir akan mempertimbangkan pilihan pengawas keuangan lokal yang melayani di bawah panduan tertinggi dari kebangsaan yang berbeda? Yang pasti, dengan penangkapan Ezzat, Ikhwanul Muslimin melihat periode pergolakan yang mendalam.

 

Sumber: http://english.ahram.org.eg/NewsContent/50/1201/379143/AlAhram-Weekly/Egypt/Muslim-Brotherhood-The-final-straw.aspx

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement