Kamis 03 Sep 2020 14:59 WIB

Kisah Orang Terkaya: Joseph Safra, Bankir Terkaya di Dunia

Kisah Orang Terkaya: Joseph Safra, Bankir Terkaya di Dunia

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Kisah Orang Terkaya: Joseph Safra, Bankir Terkaya di Dunia. (FOTO: REUTERS/Eric Gaillard)
Kisah Orang Terkaya: Joseph Safra, Bankir Terkaya di Dunia. (FOTO: REUTERS/Eric Gaillard)

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Miliarder Joseph Safra merupakan orang terkaya ke-39 dunia menurut catatan Forbes. Ia adalah seorang pengusaha, bankir dan investor dari Brasil. Ia dikenal sebagai orang di balik Safra Group, bank swasta terkenal di Brasil.

Kehidupan Awal

Joseph lahir pada 1 Desember 1939 di Aleppo, Syria dan keluarganya sejak awal berkecimpung di bisnis perbankan. Ia berasal dari keluarga Yahudi Sephardic dengan koneksi perbankan yang berasal dari zaman Ottoman dan dibesarkan di Beirut.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Yang Huiyan, Wanita Terkaya di Asia

Ayah Joseph adalah Jacob Safra, yang merupakan seorang bankir asal Lebanon yang sudah terlibat dalam bisnis perbankan dan perdagangan emas yang mencakup wilayah Alexandria, Aleppo dan Istanbul selama Kekaisaran Ottoman.

Keluarga Safra pindah ke Brasil pada tahun 1952. Pada tahun 1955, saudara laki-laki Joseph yang berusia 23 tahun, Edmond Safra, dan ayahnya, Jacob Safra, mulai bekerja di Brasil dengan mendanai aset di São Paulo.

Namun tak lama kemudian, Edmond Safra berpisah dari saudara laki-lakinya Joseph dan Moise dan menuju ke New York di mana ia mendirikan Bank Nasional Republik New York yang kemudian ia jual ke HSBC pada tahun 1999 dan menyumbangkan sebagian besar uangnya ke Yayasan Edmond Safra.

Mendirikan Banco Safra

Joseph Safra pun mendirikan Banco Safra pada tahun 1955 hingga hari ini menjadi bank swasta terbesar ke-6 di Brasil. Dia tetap menjadi ketua Grup Safra yang menawarkan layanan perbankan di seluruh Eropa, Amerika Utara dan Selatan.

Selain sangat berpikiran bisnis, Safra dan keluarganya dikenal sangat dermawan dan mendukung berbagai organisasi yang bergerak dalam peningkatan kemanusiaan.

Joseph Safra dikenal sebagai salah satu penjaga rahasia terbaik yang memungkinkan perusahaan perbankan hingga kerajaannya tumbuh dengan pesat. Melalui kerja keras, bank yang ia dirikan telah menjadi salah satu yang terbaik dalam bisnisnya dan juga salah satu lembaga keuangan yang paling dihormati di dunia.

Tak puas menjadi pengusaha, Joseph Safra juga seorang dermawan yang telah menyumbangkan uang dalam jumlah besar melalui yayasannya, Edmond. Yayasan tersebut masih menyumbangkan sejumlah besar uang untuk amal di seluruh dunia.

Safra adalah seorang pria yang mandiri sebagai bankir terkaya di dunia Dia telah memberikan sumbangan besar-besaran kepada para korban perang dan orang miskin dan selalu memikirkan kesejahteraan komunitasnya. Dia sangat terkenal di Brasil atas upaya filantropisnya dan terus menjadi salah satu pengusaha paling terkenal yang pernah ada di Brasil.

Berdasarkan catatan Forbes Real Time Net Worth, kekayaan Joseph Safra mencapai USD22,8 miliar (Rp337 triliun). Selain dalam perbankan, ia juga memiliki 50 persen saham dari petani pisang Chiquita Brands International.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement