Sabtu 22 Aug 2020 11:26 WIB

Tiga Sosok Sahabat Wanita yang Hijrah dari Makkah ke Madinah

Banyak juga sahabat wanita yang ikut berjuang menghadapi rintangan hijrah ke Madinah.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Tiga Sosok Sahabat Wanita yang Hijrah dari Makkah ke Madinah
Foto:

Aisyah Radhiyallahu Anha

Aisyah radhiyallahu anha merupakan salah satu anak pertama yang lahir dalam komunitas Muslim di Makkah. Karena itu, ia masih muda saat berlangsungnya hijrah ke Madinah.

Akan tetapi meskipun usianya masih muda, dia tidak hanya melakukan perjalanan yang berbahaya. Dia juga menceritakan banyak hal yang terjadi di sekitarnya sebelum, selama, dan setelah migrasi sehingga umat dapat mengetahui seperti apa migrasi itu sekarang.

Salah satu riwayat hijrah menunjukkan kepada umat seberapa dekat dengan Nabi Shallallahu alaihi wa sallam dan ayahnya, Abu Bakar Radhiyallahu Anhu dulu. Dia ingat ketika ayahnya bertanya kepada Nabi siapa yang akan menemaninya di gua untuk menghindari upaya pembunuhan, Abu Bakar berteriak kegirangan ketika Nabi mengatakan kepadanya itu adalah dia.

photo
Ilustrasi Padang Pasir - (Pixabay)

Aisyah radhiyallahu anha memberitahu umat tindakan apa yang diambil Nabi Shallallahu alaihi wa sallam, dan Abu Bakar ketika tiba saatnya meninggalkan gua ke Madinah. Begitu mereka memasuki Madinah, Aisyah meriwayatkan semua yang dia lihat. Dia mendokumentasikan betapa berbahayanya hidup bahkan setelah perjalanan itu berakhir.

Para wanita penting ini berhijrah dan menghadapi banyak kesulitan dari migrasi. Hal ini memberi umat gambaran sekilas tentang kehidupan para sahabat Nabi Shallallahu alaihi wa sallam, dan pengorbanan mereka untuk melindungi, serta mewariskan agama Islam.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement