Selasa 28 Jul 2020 09:30 WIB

Kisah Husain Meriwayatkan Hadits Sejak Usia Enam Tahun

Sejak usia enam tahun, Husain meriwayatkan hadits.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
Kisah Husain Meriwayatkan Hadits Sejak Usia Enam Tahun. Foto: Ilustrasi Sahabat Nabi
Foto: MgIt03
Kisah Husain Meriwayatkan Hadits Sejak Usia Enam Tahun. Foto: Ilustrasi Sahabat Nabi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Sayyidina Husain Radhiallahu anhu berusia satu ahun lebih muda daripada saudaranya Sayyidina Hasan Radhiyallah anhu. Meski usianya masih enam tahun dia mampu mengingat ilmu yang diajarkan Rasulullah melalui hadits Rasulullah.

"Maka para ahli hadis memasukkannya dalam golongan sahabat yang meriwayatkan delapan hadist," kata Syaikhul hadits Maulana Muhammad Zakariyya Al Kandahlawi dalam kitabnya Fadhilah Amal.

Baca Juga

Di antara hadist yang Sayyidina Husain terima adalah. "Aku mendengar Baginda Rasulullah SAW bersabda, "seorang muslim baik laki-laki maupun wanita yang tertimpa suatu musibah, lalu beberapa lama kemudian musibah itu teringat kembali dan membaca innalillahi wa inna ilaihi rojiun," maka ia akan memperoleh pahala yang sama dengan ketika ia ditimpa musibah tersebut.

Dia juga meriwayatkan bahwa Baginda Nabi SAW bersabda," jika umatku mengendarai perahu, dan ketika akan menghendakinya ia membaca.

"Dengan menyebut nama Allah pada waktu berlayar dan berlabuhnya. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar maha pengampun lagi maha penyayang. (Surah Huud ayat 41), maka ia akan terhindar dari tenggelam."

Syekh Maulana Muhammad Zakariyya Al Kandahlawi mengatakan, bahwa Sayyidina Husain Radhiyallahu anhu telah pergi haji sebanyak 25 kali dengan berjalan kaki.  Ia juga banyak mengerjakan sholat, puasa dan sedekah serta mementingkan seluruh amalan agama.

Suatu ketika Sayyidatina rabiah Radhiallahu' anha bertanya kepada Sayyidina Husain, "Adakah sabda Baginda Rasulullah SAW yang engkau ingat?" Ya berjawab, "suatu ketika aku naik dan berdiri di sebuah jendela. Di sana ada tumpukan buah kurma. Lalu aku mengambilnya dan meletakkan kurma itu di mulutku, lalu Baginda Rasulullah SAW bersabda," Buanglah! kita tidak boleh memakan sedekah! "Baginda Nabi SAW bersabda dengan riwayat Sayyidina Husein, di antara kebaikan Islam seseorang adalah jika ia meninggalkan perbuatan sia-sia (dari kitab Usudul Ghabah dan Istiab)

Selain hadits-hadits tersebut, kata Syekh Maulana masih banyak hadits Baginda Nabi SAW yang telah diriwayatkan oleh Sayyidina Husain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement