Senin 27 Jul 2020 07:40 WIB

Ulama Terkemuka Pengikut Mazhab Hambali

Imam Ahmad bin Hanbal adalah pendiri mazhab Hambali.

Rep: Heri Ruslan/ Red: Muhammad Hafil
 Ulama Terkemuka Pengikut Mazhab Hambali. Foto: Sanad Imam Ahmad bin Hanbal
Foto: ummahcentral.com
Ulama Terkemuka Pengikut Mazhab Hambali. Foto: Sanad Imam Ahmad bin Hanbal

REPUBLIKA.CO.ID,BAGHDAD -- Imam Ahmad bin Hanbal adalah seorang ulama dan intelektual Muslim terpenting dalam sejarah peradaban Islam. Umat Islam di Indonesia biasa menyebutnya Imam Hambali. Sosok ahli fiqih pendiri Mazhab Hambali itu begitu populer dan legendaris. Dan, ia memiliki sejumlah murid. Berikut ini adalah murid dan pengikutnya.

Baca Juga

* Al-Khallal (wafat 311 H) adalah seorang pelajar dari sahabat dekat dan murid Imam Hambali. Ia berjasa telah mengumpulkan tanggapan Imam Ahmad bin Hanbal dari murid-muridnya yang tersebar di seluruh dunia Islam.

* Al-Khiraqi (wafat 334 H). Ia adalah ulama yang meringkas Jami' al-Khallal ke dalam sebuah buku pegangan fikih, induk dari seluruh buku pegangan fikih dalam Mazhab Hambali.

 

* Ghulam al-Khallal (wafat 363 H). Ia adalah murid Al-Khallal dan penulis sejuhmlah kitab dalam berbagai disiplin ilmu.

* Ibnu Hamid (wafat 403 H). Ulama yang satu ini tercatat sebagai penganut Mazhab Hambali terkemuka di zamannya.

* Al-Qadhi Abu Ya'la (wafat 458 H). Sejatinya dia adalah ulama yang terlahir dari keluarga yang menganut Mazhab Hanafi. Setelah belajar dari Ibnu Hamid, ia akhirnya menjadi ulama yang mengembangkan Mazhab Hambali.

* Abu al-Khattab (wafat 510 H). Ia adalah murid dari Al-Qadhi Abu Ya'la. Abu Al-Khattab tercatat sebagai penulis sederet kitab yang juga sangat penting dalam pengembangan Mazhab Hambali. Salah seorang muridnya adalah `Abd al-Qadir al-Jailani.

* Abu Isma'il al-Harawi (wafat 481 H). Ia adalah ulama dan ahli hukum yang beraliran Mazhab Hambali. Ia dikenal sebagai salah seorang Sufi terkemuka dalah sejarah. Kitabnya yang paling terkenal adalah Manazil al-Sa'irin, sebuah buku pegangan dalam Tasawuf.

* Abdul-Qadir al-Jailani (wafat 561 H). Ia adalah ulama bermazhab Hambali. Seorang pemuka agama yang hebat dan sufi yang berpengaruh. Ia pendiri Tarekat Qadiriyah.

* Ibnu al-Jawzi (wafat 597 H). Dikenal sebagai ahli hukum, ahli tafsir yang turut mengembangkan Mazhab Hambali.

* Ibnu Qudama al-Maqdisi (wafat 620 H). salah seorang ulama terkemuka yang mengembangkan Mazhab Hambali. Ia termasyhur lewat buku hukumnya yang berjudul Al-Mughni.

* Majd al-Din Ibn Taymiyah (wafat 653 H). Pakar bahasa, ahli hukum, dan tafsir dari Harran ini juga dikenal sebagai ulama yang mengembangkan Mazhab Hambali.

Taqi al-Din Ibn Taymiyah (wafat 728 H). Inilah tokoh legendaris dalam sejarah Islam. N hri

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement