Jumat 24 Jul 2020 04:31 WIB
Hagia Sophia

Hagia Sophia Menjadi Masjid, di Spanyol Masjid Jadi Gereja

Nasib masjid di Andalusia Spanyol.

Masjd (Mesquita de Cordoba), di Spanyol.
Foto: tourscanner.com
Masjd (Mesquita de Cordoba), di Spanyol.

REPUBLIKA.CO.ID, Pada Jumat ini (24/7) Presiden Turki Erdogan akan resmi memakai Hagia Sophia menjadi masjid. Bangunan bekas gereja Kristen Ortodoks ini pada tahun 1453 oleh Sultan Muhammad Al Fatih II diubah menjadi masjid, dan kemudian pada 1934 diubah menjadi museum oleh Kemal Ataturk kini menjadi ajang shalat Jumat kembali.

Nah, berbeda dengan di Turki, di Spanyol yang dulu menjadi pusat kegelimangan masa Islam di Andalusia, kini masjid di sana sudah berubah menjadi gereja, benteng, hingga bangunan lain. Sungguh terjadi kontradiksi yang sangat drastis. Berbalik 180 derajat.

Dalam tulisan yang dikutip dari laman Wikipedia yang bertajuk 'Lisf of Former Mosques in Spain' kita bahas mengenai daftar dan kondisi masjid di era Andalusia di Spanyol yang kini berubah menjadi gereja, benteng, atau bangunan lainnya tersebut. Bahkan, banyak sekali masjid yang sudah hancur dan tak bisa dikenali.

Para arkeolog hanya yakin kondisi apakah itu bangunan masjid atau bukan, baru bisa dipastikan setelah ada penggalian untuk menelitinya. Tapi ini tak mungkin karena bangunan yang diindikasikan sebagai masjid, di atasnya itu sekarang sudah berdiri bangunan yang lain.

                                              *******

Berikut ini adalah daftar masjid (Mezquita) di Spanyol. Daftar masjid ini hanya yang sifatnya terbuka dan berfungsi yang memungkinkan umat Islam untuk melakukan sholat.

Sedangkan, untuk daftar masjid kuno bersejarah yang dibangun selama periode kekuasaan Al-Andalus (Muslim Spanyol) lain lagi. Masjid bersejarah di negeri ini, seperti 'Masjid Katedral Córdoba' yang tidak tidak dizinkan melakukan sholat di sana.

Pada Mei 2018, El Observatorio del Pluralismo Religioso en España (Observatorium Pluralisme Agama di Spanyol) mendaftarkan 1.588 tempat ibadah Muslim di situs web mereka.

Menurut perkiraan sebelum 2010, ada 13 masjid besar dan lebih dari 1000 masjid kecil dan ruang shalat (mushola) yang tersebar di seluruh negeri tersebut. Sarana ibadah sebanyak ini untuk melayani populasi Muslim Spanyol yang diperkirakan mencapai 1,5 juta orang.

Sebagian besar masjid itu berada di Catalonia, yakni kawasan di timur laut Spanyol.

Jumlah masjid sekarang ini telah meningkat dengan pertumbuhan Islam di Spanyol, yang dihasilkan terutama dari imigrasi dari negara-negara Muslim, dan meningkatnya jumlah wisatawan Muslim yang mengunjungi negara itu. Namun, saat ini menemukan masjid atau fasilitas shalat masih sulit di banyak tempat, terutama di luar kota-kota besar.

Mezquita Catedral de Córdoba tickets price

Ini adalah daftar masjid yang terbuka dan berfungsi saja. Ini daftar beberapa, tetapi tidak berarti semua masjid yang aktif di Spanyol. Tapi itu tidak termasuk bekas masjid bersejarah di Spanyol seperti Masjid – Katedral Córdoba yang tidak mengizinkan sholat di tempat mereka.

 

Nama Kota gambar Dibuka      
Madrid Central Mosque Madrid Mezquita Abu Bakr de Madrid (España) 02.jpg 1988      
King Abdul Aziz Mosque Marbella Mosque of King Abdelaziz.JPG 1981      
Islamic Cultural Center and Omar Mosque Madrid Centro Cultural Islámico - Mezquita de Madrid 01.jpg 1992      
Al-Andalus Mosque Malaga Mezquita de al-Ándalus1.jpg 2007      
Al-Morabito Mosque Cordoba El Morabito.jpg 40's, reopened in 2007      
Fuengirola Mosque Fuengirola Mezquita de Fuengirola.jpg 1992      
Mezquita Mayor de Granada

(Great Mosque of Granada)

Granada Minaretgranada.jpg 2003      
Basharat Mosque Pedro Abad BasharatMosque1.jpg 1982      
Gran Mezquita de Valencia

(Great Mosque of Valencia)

Valencia Great Mosque of Valencia.jpg 1994[7]      
Gran del Buen Acuerdo [es] Melilla Mezquita del Buen Acuerdo, Melilla.jpg 1927, reopened in 2011      
Mezquita Central de Melilla [es] Melilla Mezquita central melilla.jpg 1947, reopened in 1994      
Mezquita de Muley El Medhi [es] Ceuta Mezquita Muley El Mehdi, Ceuta, España, 2015-12-10, DD 27-29 HDR.JPG 1940      
Mezquita Sidi Embarek [es] Ceuta En Ceuta, sí 24 - Mezquita Sidi Embarek.jpg 1940 (Marabout from the 18th century)[9]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement