Selasa 14 Jul 2020 12:01 WIB

Empat Jenis Obat yang Disebut dalam Alquran

Alquran menyebut sejumlah bahan yang bisa dijadikan obat penyakit.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Empat Jenis Obat yang Disebut dalam Alquran
Foto:

Minyak Zaitun

“Yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkahi, (yaitu) pohon zaitun, yang tumbuh tidak disebelah timur (sesuatu) dan tidak pula disebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api, cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis)." Imam Al-Qurtubi mengatakan zaitun memiliki banyak manfaat terutama dalam bentuk ekstrak minyak.  

Pohonnya merupakan yang pertama kali tumbuh di bumi sejak peristiwa banjir di masa nabi Nuh. Buahnya juga disebut memiliki berkah besar katena didoakan 70 nabi.

Beberapa manfaat minyak zaitun di antaranya mencegah penyakit kulit dan kanker payudara, kanker rahim, kanker perut dan usus besar apabila dikonsumsi satu sendok setiap hari. Kemudian juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi tekanan darah tinggi.

photo
Minyak zaitun. - (Pexels)

Jahe 

“Di dalam surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe.” (QS Al Insan ayat 17)

Jahe sejenis tanaman rumput-rumputan aromatik yang berumur panjang. Jahe dianggap berkhasiat dalam mengobati organ pernapasan seperti asma, batuk, meluruhkan dahak, mengobati radang gusi, mencegah karies, meredakan radang sendi akibat cuaca dingin, mengatasi impotensi, lemah syahwat, mengatasi radang anus akibat sembelit akut, memperkuat otot jantung, mencegah terjadinya penggumpalan darah dan mencegah penyumbatan jantung dan otak.

photo
Pedagang rempah-rempah memperlihatkan jahe. - (Republika/Thoudy Badai)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement