Kamis 09 Jul 2020 11:36 WIB

Al-Khawarizmi, Ilmuwan Muslim yang Merevolusi Teori Aljabar

Al Khawarizmi merevolusi teori Aljabar.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Al-Khawarizmi, Ilmuwan Muslim yang Merevolusi Teori Aljabar. Ilustrasi: Al Khawarizmi di depan para muridnya.
Foto: pinterst.com
Al-Khawarizmi, Ilmuwan Muslim yang Merevolusi Teori Aljabar. Ilustrasi: Al Khawarizmi di depan para muridnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masyarakat modern mengenal aljabar sebagai cabang matematika serbaguna. Tak sedikit ilmuwan mengaku dapat menentukan struktur sebenarnya dari alam semesta melalui teori tersebut. Siapa sangka, teori Aljabar ini merupakan buah kejeniusan ilmuwan Muslim bernama Al-Khawarizmi.

Sementara inovasi besar manusia seperti penerbangan dan transportasi berkecepatan tinggi didasarkan pada persamaan aljabar. Namun sayangnya dunia modern tidak terlalu peduli tentang asal-usul dari lahirnya teori ini.

Baca Juga

Dilansir di TRT World, Kamis (9/7), adalah polymath abad ke-9, Muhammad Al-Khawarizmi, yang memberikan bentuk yang pasti pada seni Aljabar dan algoritma. Selama Gerakan Penerjemahan Abad Pertengahan, para sarjana membangun di atas karya-karya polymath Yunani, Babilonia, dan India untuk memperkenalkan konsep-konsep ilmiah yang menghancurkan jalan.

Karena Al-Khawarizmi sudah cukup umur di era kearifan ilmiah yang besar, dibentuk dan dipengaruhi oleh Zaman Keemasan Islam, ia melanjutkan karya-karya banyak polymath Yunani dan India. Persamaan algoritmik Khawarizmi didasarkan pada sistem desibel yang ia buat dengan campuran huruf Arab dan India.

Dia mengembangkannya setelah mempelajari karya-karya astronom India legendaris Brahmagupta. Sebagaimana diketahui, Eropa pernah mengandalkan sistem numerik Romawi yang kompleks, tetapi meniru sistem desibel 1-10 lima abad kemudian pada abad ke-15.

Dalam bukunya, The Arabs: A Short History, Philip Khuri, seorang profesor Lebanon-Amerika di Princeton dan Universitas Harvard, menggambarkan Khwarizmi sebagai salah satu pemikir ilmiah Islam terbesar dan orang yang memengaruhi pemikiran matematika. Pengaruh sumbangsih Al-Khawarizmi bahkan hingga batas yang lebih besar daripada siapa pun penulis abad pertengahan lainnya.

Al-Khawarizmi secara luas diakui karena menyusun tabel astronomi tertua. Studi ilmiah astronomi di Zaman Keemasan Islam dimulai ketika House of Wisdom, atau Grand Library, didirikan di Baghdad antara 754 Masehi hingga 775 Masehi di bawah pemerintahan Khalifah Abbasiyah Harun Al Rasyid.

Al-Khawarizmi juga dengan cepat mengembangkan tabel trigonometri secara terperinci termasuk fungsi sinus, yang kemungkinan besar diekstrapolasi ke fungsi bersinggungan oleh Maslama, seorang astronom Arab-Muslim.

Dia juga menyempurnakan representasi geometris dari bagian kerucut dan mengembangkan kalkulus dua kesalahan, yang kemudian membawanya ke konsep diferensiasi.

Khalifah Abbasiyah ketujuh, Al Mamun, memerintahkan polymath untuk mengukur volume dan keliling bumi dan Al-Khawarizmi termasuk di antara mereka. Dia tidak hanya berpartisipasi dalam hal ini, tetapi dia merevisi dan mengoreksi pandangan Ptolemeus dengan membuat sistem dan mengoreksi datanya untuk Afrika dan Timur Tengah.

Sebagai hasilnya, dia menghasilkan peta pertama dari dunia yang diketahui pada 830 Masehi bersama dengan ahli geografi lainnya. Selain itu, Al-Khawarizmi juga menulis tentang perangkat mekanik seperti astrolabe dan jam matahari. Karya-karyanya menjadi buku teks utama yang digunakan oleh Universitas Eropa antara abad ke 14 Masehi dan 17 Masehi.

Tabel astronomis dan trigonometriknya, yang direvisi oleh Maslama Al-Majriti (pada paruh kedua abad ke-10 Masehi), diterjemahkan ke dalam bahasa Latin sejak tahun 1126 Masehi oleh Adelard of Bath. Mereka berisi meja Muslim pertama dan berisi tidak hanya fungsi sinus, tetapi juga garis singgung.

Asal-usul dan kehidupan

Lahir pada 780, nama lengkapnya adalah Abu Abdallah Muhammad ibn Musa Al-Khawarizmi. Ia dilahirkan di Khawarizm, Khiva masa kini, yang terletak di selatan Laut Aral. Dia dipanggil ke Baghdad oleh Khalifah Abbasiyah Al Mamun, yang banyak menggagas pembaruan di bidang pengetahuan dan pembelajaran Islam dan dunia.

Al Mamum pun menugaskannya sebagai astronom istana. Dari judul karyanya berjudul Hisab Al-Jabr wal Muqabalah (Kitab Perhitungan, Pemulihan dan Pengurangan), Aljabar (Al-Jabr) mendapatkan namanya. Dia menyelesaikan sebagian besar karyanya dalam periode antara 813 dan 833, dan meninggal sekitar 850.

Sumber:

https://www.trtworld.com/magazine/al-khwarizmi-a-muslim-mathematical-genius-who-revolutionised-algebra-37978

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement