Selasa 05 May 2020 08:20 WIB

Setahun Menjadi Hakim, Umar bin Khattab tak Pernah Bersidang

Selama setahun menjabat hakim, Umar bin Khattab tak pernah menerima laporan kasus.

Setahun Menjadi Hakim, Umar bin Khattab tak Pernah Bersidang.  Foto Ilustrasi: Pengadilan
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Setahun Menjadi Hakim, Umar bin Khattab tak Pernah Bersidang. Foto Ilustrasi: Pengadilan

REPUBLIKA.CO.ID, Di masa kekhalifahan Abu Bakar Ash Shiddiq, Umar bin Khattab diangkat sebagai hakim untuk wilayah Madinah. Setahun Umar menjabat sebagai hakim di pengadilan, tidak ada kasus atau laporan yang diangkat ke pengadilan.

Karena itu, Umar mengajukan permohonan mengundurkan diri kepada Abu Bakar untuk melepaskan jabatan itu. Abu Bakar kemudian bertanya:

Baca Juga

"Apakah karena terlalu berat menjadi hakim, sehinga engkau ingin melepaskan jabatan itu."

Umar kemudian menjawab:

"Wahai khalifah, pemimpin setelah Rasulullah! Bukan begitu maksud saya. Melainkan karena semua orang Mukmin sudah tidak lagi membutuhkan bantuan saya. Semua orang tahu haknya masing-masing. Tidak ada yang meminta lebih atau mengambil hak orang lain. Semua orang menjalankan kewajibannya, tidak ada yang salah. Semua orang mukmin di sini mencintai saudaranya seperti halnya dia mencintai dirinya sendiri. Jika ada satu orang yang tidak kelihatan, mereka merasa kehilangan dan mencarinya. Jika ada yang sakit, mereka menjenguknya. Jika ada yang miskin, mereka membantunya. Jika ada yang kesulitan, mereka menolongnya. Jika ada yang tertimpa musibah dan kemalangan, mereka ikut berduka cita, berbela sungkawa, dan mendatanginya. Agama mereka jadikan sebagai nasihat. Akhlak dan budi pekerti mereka adalah menyuruh kebaikan dan mencegah kemungkaran. Jadi, bagaimana mungkin mereka mempunya masalah?"

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement