Sabtu 18 Apr 2020 17:10 WIB

Bagaimana Cara Mendapatkan Syafaat Nabi?

Ikhtiar mendapatkan syafaat Nabi Muhammad dapat dilakukan dalam doa usai azan

Berdoa agar mendapatkan syafaat Nabi (ilustrasi).
Foto: alifmusic.net
Berdoa agar mendapatkan syafaat Nabi (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap orang yang beriman sejatinya mendambakan pertolongan (syafaat) Rasulullah SAW di Hari Akhir kelak. Pada hari itu, tidak ada tempat berlindung selain Allah Ta'ala. Dan, Allah telah menakdirkan, Nabi Muhammad SAW dapat memohonkan syafaat kepada-Nya untuk menolong orang-orang yang terpilih.

Bagaimana caranya agar kita dimudahkan agar termasuk dalam golongan penerima syafaat Nabi SAW?

Baca Juga

Pertama-tama, kita tentu harus memiliki rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW. Beliau pernah bersabda, "Demi Dia yang jiwaku berada di Tangan-Nya, tidaklah beriman seorang di antaramu hingga ia mencintaiku melebihi cintanya kepada ayahnya dan anak-anaknya" (HR Bukhari).

Di antara tanda-tanda rasa cinta itu ialah ketaatan kepada ajaran beliau. Rasa taat itu dimanifestasikan tidak hanya dalam bentuk ucapan, melainkan juga pikiran dan tindakan.

 

Rasa cinta kepada Nabi SAW juga diwujudkan dengan mengagungkan beliau. Minimal, setiap namanya disebut, kita ucapkan shalawat.

Ada momen-momen tertentu yang di dalamnya bershalawat dapat menjadi jalan bagi kita memperoleh syafaat Nabi SAW kelak. Yakni, dalam munajat usai azan berkumandang.

Dari Abdullah bin Amr bin Ash radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda, "Jika kalian mendengar azan, maka jawablah seperti apa yang dilantunkan muadzin. Kemudian, bacalah shalawat untukku. Sebab, barangsiapa yang bershalawat untukku, maka Allah akan bershalawat untuknya 10 kali. Kemudian, mintakanlah kepada Allah untukku al-wasilah karena wasilah itu adalah satu kedudukan di surga yang tidak sepatutnya diperoleh kecuali untuk hamba Allah. Dan, aku berharap, akulah ia. Barangsiapa yang memohonkan untukku al-wasilah, maka akan mendapat syafaatku" (HR Muslim).

Doa setelah azan pun memuat redaksi permohonan itu.

"للهُمَّ رَبَّ هذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ

مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ"

"Allahumma robba haadzihid da'watittammah wassholatil qooimah, aati muhammadi wasiilata wal fadhillah wassyarofa wal darajatal 'aaliyatar rofii'ah, wab'atshu maqoomam mahmuudanilladzi wa'addah."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement