Kamis 19 Mar 2020 06:44 WIB

China Kirim 10 Ribu Alat Tes Virus Corona ke Polandia

Sejumlah negara Eropa akan membatasi ekspor produk medis tertentu seperti masker

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nidia Zuraya
China mengirimkan alat tes pemeriksaan virus corona ke Polandia. ilustrasi (AP Photo/John Minchillo)
Foto: AP Photo/John Minchillo
China mengirimkan alat tes pemeriksaan virus corona ke Polandia. ilustrasi (AP Photo/John Minchillo)

REPUBLIKA.CO.ID, WARSAWA -- China memberi lebih dari 10 ribu test kit dan puluhan ribu barang pelindung lainnya seperti masker, kacamata, dan penutup sepatu ke Polandia. Kementerian Luar Negeri Polandia, Rabu (18/3) malam, mengatakan bantuan ini untuk membantu negara tersebut mengatasi penyebaran virus corona baru penyebab Covid-19.

"Meskipun pertarungan dengan virus corona sedang berlangsung di China, mereka memutuskan untuk menunjukkan solidaritas dengan Polandia dan membantu negara kami dengan memberikan tes untuk mengungkap Covid-19, serta peralatan medis pelindung," kata pernyataan Kementerian Luar Negeri Polandia.

Baca Juga

China akan mengirim 20 ribu masker, 5 ribu jas pelindung, 5 ribu kacamata medis, 10 ribu sarung tangan medis sekali pakai, dan 10 ribu penutup sepatu ke Polandia. Negara itu pun telah berjanji untuk mengekspor peralatan medis, seperti masker dan respirator, ke negara-negara lain seperti Italia dan Korea Selatan dalam upaya solidaritas melawan penyebaran virus.

Sejumlah negara Eropa, seperti Jerman dan Prancis, mengatakan, mereka akan membatasi ekspor produk medis tertentu seperti masker. Keputusan ini dilakukan untuk menghindari kekurangan di dalam negeri karena pertarungan dengan virus korona memburuk bulan ini.

China telah melaporkan hampir 81 ribu infeksi dan 3.237 kematian akibat pandemi virus korona  yang muncul akhir tahun lalu di kota Wuhan, Hubei. Dikutip dari Worldometer, negara ini mendapatkan 13 kasus baru dengan 11 kematian pada Rabu.

Setelah sekitar tiga bulan bulan bertarung menahan laju penyebaran, beberapa hari lalu China terus menunjukan penurunan angka infeksi. Penularan lokal di luar Hubei telah terhenti, dengan kasus virus korona bawaan dari wisatawan yang lebih banyak menyumbang penambahan kasus.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement