Rabu 18 Mar 2020 16:41 WIB

Nabi Muhammad Larang Bernafas di dalam Gelas, Ini Manfaatnya

Ada manfaat tak bernafas di air minum di gelas seperti contoh Nabi Muhammad.

Nabi Muhammad Larang Bernafas di dalam gelas, Ini Manfaatnya. Foto: air minum dalam gelas (Ilustrasi)
Foto: pixabay
Nabi Muhammad Larang Bernafas di dalam gelas, Ini Manfaatnya. Foto: air minum dalam gelas (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nabi Muhammad SAW telah mencontohkan kepada umatnya tentang langkah-langkah menjaga kesehatan. Salah satunya adalah tentang cara meminum Nabi.

Di mana, dalam meminum air, Nabi melarang minum dari bagian mulut gelas yang retak.  Dalam Sunan Abu Dawud diriwayatkan hadits dari Abu Said Al Khudri bahwa ia menceritakan:

Baca Juga

نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنِ الشُّرْبِ مِنْ ثُلْمَةِ الْقَدَحِ وَأَنْ يُنْفَخَ فِي الشَّرَابِ

“Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam telah melarang perbuatan minum dari bagian gelas yang retak, dan beliau juga melarang bernafas dalam air minum.”

 

Menurut Ibnu Qayyim al-Jauziyyah dalam kitabnya yang berjudul Ath-Thibb an-Nabawi, ini termasuk di antara etika yang diajarkan demi kemaslahatan orang yang minum. Karena, risikonya adalah menimbulkan bau busuk pada air minum yang tidak disukai orang lain.

Terutama sekali orang yang bau mulutnya mengalami perubahan buruk. Intinya, secara umum nafas orang yang minum akan tercampur ke dalam air tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement