Rabu 18 Mar 2020 12:22 WIB

Pemerintah Harus Dorong Pabrik APD Gunakan Bahan Baku Lokal

Pemerintah harus memutar otak agar alat perlindungan diri dapat diproduksi.

Petugas medis mengenakan alat perlindungan diri.
Foto: Antara/M Agung Rajasa
Petugas medis mengenakan alat perlindungan diri.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Anggota Komisi IX DPR RI Dewi Aryani meminta Pemerintah mendorong pabrik untuk segera melakukan langkah produksi menggunakan bahan baku dalam negeri. Hal ini seiring dengan perkembangan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

"Hal itu mengingat perkembangan COVID-19 yang makin meluas dan makin banyak pasien yang masuk ruang isolasi sehingga kehabisan stok APD di sejumlah rumah sakit," kata politikus PDI Perjuangan Dewi Aryani melalui pesan percakapan di Semarang, Rabu (18/3).

Baca Juga

Menurut Dewi Aryani, berbahaya jika rumah sakit sampai harus memodifikasi jas hujan menjadi APD. Hal ini mengancam keselamatan tenaga medis karena penyebaran virusnya sangat dahsyat.

Ia menekankan pemerintah harus segera koordinasi lintas kementerian dan memutar otak agar pabrik APD bisa memproduksi dengan bahan baku yang ada di Indonesia. Dengan demikian, tidak tergantung pada bahan baku dari negara lain.

"Ini memang menjadi keprihatinan kita bersama," kata wakil rakyat asal Daerah Pemilihan Jawa Tengah IX (Kabupaten/Kota Tegal dan Kabupaten Brebes) ini.

Karena itu, Dewi Aryani meminta pemerintah bekerja ekstra keras bagaimana menyelamatkan kondisi lack of self-protection equipment (kurangnya peralatan perlindungan diri) untuk para tenaga medis di Tanah Air. Sebelum APD secara masif dapat diproduksi dan didistribusikan ke semua rumah sakit, kata Dewi Aryani, seluruh jajaran dinas kesehatan provinsi dan kabupaten/kota diminta untuk melakukan koordinasi intensif dan langkah-langkah antisipatif dengan kondisi ini.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement