Selasa 17 Mar 2020 11:17 WIB

Bacaan Alquran Bisa Menenteramkan Hati

Allah menciptakan Alquran terlebih dahulu sebelum menciptakan makhluknya.

Bacaan Alquran Bisa Menenteramkan Hati.
Foto:

Menurut Imam Al Ghazali dalam bukunya Ihyaa' Ulumuddin, disebutkan setiap huruf Alquran dijaga oleh para malaikat dan masing-masing malaikat ikut mendoakan kesejahteraan mereka yang membacanya. Kitab suci Alquran terdiri dari 114 surat, 6.616 ayat, yang diturunkan secara bertahap di Makkah dan di Madinah.

Sedangkan menurut Munawar Khalil dalam bukunya Al Quran dari Masa ke Masa (Ramadani, Semarang, 1952), dengan mengutip ulama Madinah Imam Atha bin Yasar, disebutkan jumlah kalimat dalam Alquran sebanyak 77.439 kalimat, dengan jumlah huruf sebanyak 325.345 huruf.

Dengan demikian, maka mereka yang membaca Alquran, berarti didoakan oleh 325.345 malaikat. Para sahabat Nabi yang tercatat menjadi penulis wahyu sebanyak 26 orang, namun ada yang menyebutkannya sebanyak 42 orang.

Mereka antara lain Abu Bakar As Shiddiq, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, Ali bin Abu Thalib, Zubair bin Awwam, dan Amir bin Fuhairah. Namun dari para penulis itu, ada yang secara khusus ditugaskan sebagai pencatat wahyu dan ada pula yang bersifat sementara.

Mereka yang terkenal sebagai penulis wahyu adalah Abu Bakar, Umar, Utsman, Ali, yang kemudian dikenal sebagai khalifah setelah Rasulullah wafat. Saking istimewanya Alquran, sebelum menciptakan makhluknya, Allah terlebih dahulu membaca ayat-ayat Alquran selama 1.000 tahun, yakni membaca surah Thaha dan surah Yasin.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ad Dhamiri dari Abu Hurairah, disebutkan, ketika malaikat mendengar Alquran dibacakan, dia mengatakan: "Beruntunglah umat yang Alquran diturunkan kepadanya, beruntunglah hati yang menghafalkannya, dan beruntunglah lidah yang membacanya. Hadits ini, kendati pun terbilang lemah, namun banyak hadits-hadits lain yang menguatkan, bahwa Alquran memiliki kedudukan yang mulia di sisi Allah. Bahkan Alquran sudah tertulis di lauhul mahfudz sebelum diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement