Selasa 28 Feb 2023 06:00 WIB

Delapan Tips untuk Maksimalkan Ramadhan

Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
 Delapan Tips untuk Maksimalkan Ramadhan. Foto: Ilustrasi Ramadhan
Foto: Pixabay
Delapan Tips untuk Maksimalkan Ramadhan. Foto: Ilustrasi Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebentar lagi umat Islam di seluruh dunia akan menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan, bulan kesembilan dalam kalender Islam. Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah yang telah ditunggu-tunggu oleh umat Islam.

Untuk memaksimalkan bulan yang pernuh berkah ini, ada sejumlah tips yang perlu diketahui oleh umat Islam. Dengan sejumlah tips ini, umat Islam bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Baca Juga

Sebagaimana dikutip dari laman aboutislam, berikut 8 tips untuk memaksimalkan bulan Ramadhan:

Pertama, mulailah hari Anda dengan mengerjakan sholat sunnah setelah sahur dan sebelum sholat Subuh.

 

Kedua, pastikan untuk selalu istiqamah melakukan Subuh berjamaah agar diberi cahaya yang sempurna di Hari Kiamat.  Allah Swt akan memberikan cahaya yang sangat terang pada Hari Kiamat nantinya kepada mereka yang menjaga sholat subuh berjamaah.

Ketiga, selalu membaca Alquran di setiap hari bulan Ramadhan, minimal satu juz. Jika Anda benar-benar tidak bisa mengamalkannya, maka cobalah membaca sebanyak yang Anda bisa. Jika Anda memiliki kelompok pengajian setelah Subuh, ini akan sangat membantu untuk mempermudah tugas.

Keempat, selain membaca Alquran juga harus membaca tafsirnya, minimal satu juz. Hal ini penting untuk mengetahui arti dan konteksnya.

Kelima, usahakan untuk tidak makan banyak di bulan Ramadhan. Ikuti Sunnah Nabi, yaitu sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk air dan sepertiga untuk udara. Hal ini akan banyak membantu untuk melaksanakan ibadah. Orang yang makan sekedarnya tidak akan mudah lelah dalam melaksanakan shlat Tarawih.

Keenam, buatlah komitmen untuk selalu menjalankan Sholat Dhuha. Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa Sholat Dhuha adalah salah satu ibadah dari orang-orang yang tulus dan saleh. Keutamaan sholat dhuha adalah diampuni dosa-dosanya. Sebagaimana diriwayatkan Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda,

“Siapa yang menjaga sholat dhuha maka akan diampuni dosanya walaupun sebanyak buih dilautan,” (HR Tirmidzi).

Ketujuh, setiap hari di bulan Ramadhan, Anda juga bisa mempelajari Nama-nama Allah yang indah, Asmaul Husna.

Kedelapan, tidur siang di bulan Ramadhan, sehingga Anda bisa tetap fokus saat sholat Isya dan Tarawih.

Demikianlah beberapa tips yang perlu diketahui untuk memaksimalan bulan Ramadhan. Namun, perlu diingatkan juga bahwa tujuan akhir puasa Ramadhan bagi seorang Muslim adalah agar menjadi orang yang bertakwa.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement