Jumat 27 Jan 2023 19:25 WIB

Wasiat Sahabat Nabi SAW yang Gugur dalam Penaklukkan Konstantinopel Pertama

Abu Ayyub Al-Anshari, sahabat Nabi SAW gugur dalam penaklukkan Konstantinopel

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Nashih Nashrullah
Lukisan kota Konstantinopel saat dibangun Kaisar Konstantin (ilustrasi). Abu Ayyub Al-Anshari, sahabat Nabi SAW gugur dalam penaklukkan Konstantinopel
Foto: smithsonianmag.com
Lukisan kota Konstantinopel saat dibangun Kaisar Konstantin (ilustrasi). Abu Ayyub Al-Anshari, sahabat Nabi SAW gugur dalam penaklukkan Konstantinopel

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Jatuhnya Konstantinopel menjadi salah satu perkara yang diinformasikan Nabi Muhammad SAW. Dalam sebuah sabdanya, Rasulullah SAW berabda;

لَتُفتَحنَّ القُسطنطينيةُ ولنِعمَ الأميرُ أميرُها ولنعم الجيشُ ذلك الجيشُ  “Konstantinopel benar-benar akan ditaklukkan. Sebaik-baik amir (pemimpin) adalah amir yang memimpin penaklukannya. Sebaik-baik tentara adalah tentara yang menaklukkannya.” 

Baca Juga

Demikian sabda Nabi Muhammad SAW, sebagaimana diriwayatkan Imam Bukhari, dalam kitabnya Tarikh Shaghir.

Hadits yang mengandung nubuat itu menjadi pengobar semangat para pemimpin Muslim selama ratusan tahun. Mereka berlomba-lomba mewujudkan nubuat Rasulullah SAW. 

 

Bani Umayyah adalah daulah Islam pertama yang mengupayakan penaklukan atas Konstantinopel. Dinasti yang didirikan Muawiyah bin Abi Sufyan itu mulai melancarkan pengepungan terhadap ibu kota Kekaisaran Romawi Timur (Bizantium) tersebut sejak 674 M. 

Beberapa bulan sebelumnya, negeri yang berpusat di Damaskus itu dapat menguasai sejumlah wilayah pantai Thracekawasan Eropa yang berbatasan langsung dengan jantung Bizantium. 

Hal itu terwujud dengan dukungan armada laut yang dirintis Muawiyah ketika dirinya masih menjabat gubernur Damaskus era Khulafaur Rasyidin. 

Sarjana Romawi dari abad kedelapan, Theophanes, menuliskan kesaksiannya, Setiap hari, pertempuran antara kedua belah pihak terjadi dari pagi hingga sore. 

Kontak senjata berlangsung di kawasan luas antara luar benteng Tanduk Emas (Golden Horn) dan Kyklobion. Kekuatan keduanya cukup seimbang.  

Pasukan Arab berhasil mendirikan benteng di Aydincik (Cyzicus). Di kala musim semi, mereka akan menyeberangi Laut Marmara untuk menggem pur tembok Kota Konstantinopel. 

Baca juga: Putuskan Bersyahadat, Mualaf JJC Skillz Artis Inggris: Islam Memberi Saya Kedamaian

 

Sesudah itu, balatentara Muslimin ini akan mundur untuk menghabiskan musim dingin di Cyzicus. Demikianlah operasi militer Umayyah itu dilaku kan secara periodik selama tujuh tahun berturut-turut. 

Salah satu momen yang tercatat dalam periode tersebut adalah pengerahan pasukan yang dipimpin Yazid bin Mu'awiyah. 

Putra pendiri Dinasti Umayyah itu berangkat dari Damaskus untuk membantu Fadhallah bin Ubaid al-Anshari dalam menghadapi pasukan Bizantium di darat. Dia bersama dengan sejumlah tokoh senior, termasuk Abu Ayub al-Anshari. 

Rombongan Yazid tiba di Benteng Cyzicus saat musim dingin. Begitu memasuki musim semi, 100 ribu orang pasukannya bergabung dengan bala tentara Fadhallah. Seluruh prajurit Muslimin ini kemudian mengepung Konstantinopel selama beberapa bulan. 

Dalam sebuah pertempuran, Abu Ayub al- Anshari gugur. Sebelum menghembuskan napas terakhir, sahabat Nabi SAW itu sempat berwasiat agar jasadnya dikebumikan di tanah Konstantinopel. 

“Sebab, aku ingin mendengar derapan tapak kaki kuda yang membawa sebaik-baik amir, yang memimpin sebaik-baik pasukan, penakluk Konstantinopel, sebagaimana telah diisyaratkan Rasulullah SAW,” katanya. 

Wasiat itu baru terpenuhi ratusan tahun kemudian ketika era Turki Utsmaniyah. Pada 1458 M Mehmed al-Fatih memerintahkan pemindahan kuburan syuhada tersebut ke lokasi yang sesuai dengan pesan almarhum. 

Untuk mengenang perjuangannya, sang sultan Turki juga membangun Masjid Abu Ayub al-Anshari di dekat makam tersebut. Itulah masjid pertama yang dibangun kesultanan tersebut pascakemenangan atas Bizantium.     

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement