Rabu 30 Nov 2022 06:25 WIB

Masa Haid Terpanjang dan Terpendek, Berapa Lama? 

Sejumlah ulama memiliki pendapat masing-masing mengenai durasi masa haid.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Muslimah. Masa Haid Terpanjang dan Terpendek, Berapa Lama? 
Foto: MGROL100
Ilustrasi Muslimah. Masa Haid Terpanjang dan Terpendek, Berapa Lama? 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para ulama saling berselisih pendapat mengenai masa haid terpanjang, masa haid terpendek, dan masa suci yang terpendek. 

Ibnu Rusyd dalam kitab Bidayatul Mujtahid wa Nihayatul Muqtashid menjelaskan, diriwayatkan dari Malik bahwa masa haid yang terpanjang adalah 15 hari. Pendapat ini dianut oleh Asy-Syafii. Sementara itu Imam Abu Hanifah berpendapat bahwa masa haid yang terpanjang adalah 10 hari. 

Baca Juga

Sedangkan masa haid terpendek batasannya tidak ada sebagaimana pendapat Imam Malik. Baginya, satu curahan adalah haid, hanya saja tidak dihitung sebagai satu quru' dalam talak. 

Imam Syafii berpendapat bahwa masa haid terpendek adalah sehari semalam. Sementara Imam Abu Hanifah berpendapat bahwa masa haid terpendek adalah tiga hari. 

 

Selain masa haid terpanjang dan terpendek, para ulama juga saling berselisih pendapat mengenai masa suci terpendek. Terdapat beberapa riwayat yang saling bertentangan dari Malik. Darinya diriwayatkan 10 hari, delapan hari, dan 15 hari. 

Para pengikut Malik dari Baghdad memilih riwayat yang terakhir. Dan pendapat ini dianut oleh Imam Syafii dan Imam Abu Hanifah. Ada juga yang berpendapat bahwa masa suci terpendek adalah 17 hari. Adapun masa suci terpanjang batasannya tidak ada menurut para ulama. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement