Sabtu 06 Aug 2022 12:00 WIB

Bolehkah Muslim Berhenti Berbuat Baik di Depan Umum?

Seringkali kita mungkin tidak dapat menjelaskan niat di balik perbuatan baik.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Bolehkah Muslim Berhenti Berbuat Baik di Depan Umum?
Foto: AP/Ricardo Mazalan
Bolehkah Muslim Berhenti Berbuat Baik di Depan Umum?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Melalui About Islam, terdapat seseorang yang bertanya terkait dengan tindakannya menahan perbuatan baik karena takut dilihat oleh orang lain. Dia juga tidak yakin perihal niatnya dan khawatir akan tipu daya setan.

Dia bertanya apa yang harus dilakukan dalam situasi ini dan bagaimana dia bisa yakin sesuatu yang ia lakukan tulus. Pertanyaan tersebut kemudian dijawab oleh Profesor Shahul Hameed. Dia menjawab, terkait dengan pertanyaan tersebut, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

Baca Juga

“Amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia atau karena wanita yang hendak dinikahinya, maka hijrahnya itu sesuai ke mana ia hijrah.” (HR. Bukhari, Muslim, dan empat imam Ahli Hadits)

Ini berarti Anda tidak cukup melakukan perbuatan baik. Akan tetapi harus berhati-hati dengan apa yang mendorong Anda melakukannya.

 

Seringkali kita mungkin tidak dapat secara khusus menjelaskan niat di balik suatu tindakan sebelum memulainya. Tetapi pada saat yang sama, di belakang pikiran ini, ada beberapa niat yang samar-samar disadari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement