Rabu 09 Mar 2022 05:44 WIB

Kesalahan Sholat Mendahului Imam

Makmum tak boleh mendahului imam.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Kesalahan Sholat Mendahului Imam. Foto:   Sejumlah jamaah melaksanakan Shalat Jumat di Masjid Cut Meutia, Jakarta, Jumat (4/2/2022). Komisi Fatwa MUI mengimbau umat Islam untuk mengganti Shalat Jumat berjamaah di masjid dengan Shalat Zuhur di rumah masing-masing di tengah lonjakan kasus Covid-19 varian Omicron.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Kesalahan Sholat Mendahului Imam. Foto: Sejumlah jamaah melaksanakan Shalat Jumat di Masjid Cut Meutia, Jakarta, Jumat (4/2/2022). Komisi Fatwa MUI mengimbau umat Islam untuk mengganti Shalat Jumat berjamaah di masjid dengan Shalat Zuhur di rumah masing-masing di tengah lonjakan kasus Covid-19 varian Omicron.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Terdapat beberapa kesalahan yang terkadang terjadi saat melaksanakan sholat, salah satunya yakni makmum mendahului imam.

Dikutip dari buku 221 Kesalahan Dalam Shalat beserta Koreksinya dari Abdul Aziz bin Nashir al-Musainid,  Kesalahan: Mendahului gerakan imam, seperti makmum melakukan ruku' sebelum imam. 

Baca Juga

Yang benar ialah tidak diperbolehkan mendahului gerakan imam, mengingat imam dijadikan untuk diikuti. Maka, hendaknya makmum tidak melakukan ruku', kecuali setelah imam melakukannya. 

Selain itu, termasuk kesalahan, Makmum terlambat dari imam, seperti imam sudah bangkit dari ruku’ sedang makmum masih ruku', dan lain sebagainya. 

Yang benar, Makmum tidak boleh terlambat dari imamnya dalam semua gerakan shalat. Apabila imam telah bangkit dari ruku', maka setelahnya makmum segera bangkit dari ruku'. 

Lalu kesalahan membaca ayat-ayat Alquran sewaktu ruku' atau sujud. 

Sementara yang benar, hendaknya membaca ayat-ayat Alquran itu sewaktu berdiri. Adapun pada waktu ruku,, hendaknya dia mengagungkan Allah Subhanahu wa Ta'ala, sedang pada waktu sujud hendaknya memperbanyak doa. 

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement