Selasa 29 Jun 2021 21:40 WIB

Bagaimana Cara Berbakti kepada Orang Tua yang Wafat?

Ada banyak amalan untuk berbakti kepada orang tua yang wafat

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Ada banyak amalan untuk berbakti kepada orang tua yang wafat. Ilustrasi ziarah kubur orang tua
Foto: Edi Yusuf/Republika
Ada banyak amalan untuk berbakti kepada orang tua yang wafat. Ilustrasi ziarah kubur orang tua

REPUBLIKA.CO.ID, — Pasti sebagai anak pernah melakukan kesalahan terhadap orang tua, baik sengaja maupun tidak. Dari mulai kepedulian yang rendah hingga hidup yang tidak harmonis. 

Bagi mereka yang beriman dan sadar akan kesalahan, akan menyesalinya apalagi setelah orang tua wafat. Bersyukur, Islam mengajarkan bahwa orang tua akan beruntung memiliki anak yang saleh dan salehah. 

Baca Juga

Mereka akan tetap dapat berbuat baik kepada orang tua meski mereka telah meninggal dunia. Syekh Mahmud Syalabi, anggota Komisi Fatwa di Dar Al Iftaa Mesir menjelaskan amal ibadah apa saja yang dapat dilakukan seorang anak selepas orang tua wafat.  

Selain berdoa, amal ibadah yang akan sampai kepada orang tua antara lain adalah membacakan bacaan Alquran dan mendoakan orang yang wafat.

Di antara amalan lain yang bisa bermanfaat untuk orang tua wafat adalah sedekah. Niatkan sedekah untuk orang tua. Apapun bentuk sedekahnya maka akan diperhitungkan sebagai amal jariyah orang tua.  

Perbuatan terkecil adalah menyingkirkan bahaya di tempat orang lalu lalang, menyumbangkan makanan juga pakaian atas nama orang tua, maka itu semua akan bermanfaat. Orang yang bersedekah dan diniatkan untuk orang yang sudah wafat juga diperbolehkan. Kebaikan apapun boleh dihadiahkan untuk orang tua yang meninggal, termasuk jika anaknya tersebut ingin menghadiahkan sholat sunnah. Dalam Surat Al Jumuah ayat 4 disebutkan: 

ذَٰلِكَ فَضْلُ اللَّهِ يُؤْتِيهِ مَنْ يَشَاءُ ۚ وَاللَّهُ ذُو الْفَضْلِ الْعَظِيمِ “Demikianlah karunia Allah, yang diberikan kepada siapa yang Dia kehendaki, dan Allah memiliki karunia yang besar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement