Senin 19 Apr 2021 09:25 WIB

Nabi Muhammad Pastikan Doa Umatnya Dikabulkan

Doa umat Nabi Muhammad akan dikabulkan Allah.

Nabi Muhammad Pastikan Doa Umatnya Pasti Dikabulkan. Berdoa (Ilustrasi)
Foto: Republika
Nabi Muhammad Pastikan Doa Umatnya Pasti Dikabulkan. Berdoa (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Baginda Rasulullah SAW bersabda, doa umatnya pasti dikabulkan. Dengan syarat tidak untuk memutus hubungan saudara atau untuk berbuat satu dosa.

"Pasti akan mendapatkan salah satu dari tiga hal ini di sisi Allah SWT. Pertama ia akan langsung memperoleh apa yang dimintanya, kedua apabila doa ini tidak didapatkan, maka diselamatkan dari musibah atau keburukan sebagai ganti permintaannya, ketiga pahala doanya disimpan untuk diberikan di akhirat nanti," kata Syekh Maulana Muhammad Zakariyya mengutip hadist Rasulullah yang ia tulis dalam kitab Fadhilah Amal.

Baca Juga

Hadits lain menyebutkan, pada hari kiamat Allah swt akan memanggil seorang hambanya dan berfirman." Wahai hamba-Ku, aku telah menyuruh mu agar berdoa kepadaku dan Aku berjanji akan mengabulkannya, lalu apakah kamu telah memohon kepada-Ku? 

Hamba itu menjawab? "Ya aku telah berdoa wahai Tuhanku." 

 

Allah SWT berfirman. "Tidak satupun doa yang kamu mohonkan melainkan aku terima." Kamu berdoa agar dihindarkan dari suatu bencana, maka aku akan menunaikan di dunia. Kamu berdoa agar dijauhkan dari suatu kesedihan tetapi kamu tidak merasakan hasil doamu  sebagai gantinya Aku akan tetapkan bagimu balasan dan palanya di akhirat."

Baginda Rasulullah SAW bersabda bahwa orang itu akan diingatkan lagi tentang doa-donya, dan akan diperlihatkan doa-doa yang telah dikabulkan di dunia. Dan doa-doa yang palanya disimpan di akhirat

Ketika ia mengetahui begitu banyak palanya, maka ia berangan-angan agar tidak ada satu pun doanya yang dikabulkan di dunia. Sehingga ia dapat menerima pahala seluruhnya di akhirat.

"Ringkasnya doa adalah sesuatu yang sangat penting," katanya.

Mengabaikan doa merupakan kerugian yang sangat besar. Meskipun Zahirnya tidak ada tanda-tanda doa kita diterima. 

Atas keadaan ini kata Syekh Maulana Muhammad Zakariya hendaknya kita tidak berburuk sangka kepada Allah. 

Dari hadits yang lain dengan jelas bahwa dalam pengambilan doa Allah SWT melihat kemaslahatan hambanya. Jika yang diminta oleh seorang hamba itu ada kemasalahtannya maka Allah swt akan mewujudkannya.

"Jika tidak Allah SWT tidak akan mewujudkannya. Ini pun merupakan karunia Allah SWT bagi orang yang bardoa. Karena kadang-kadang kita meminta sesuatu yang tidak sesuai dengan kemaslahatan kita, disebabkan ketidak paman kita," katanya.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement