Jumat 02 Apr 2021 20:26 WIB

Jumlah Ayat Alquran tak Cuma 6666? Ini Ragam Pendapatnya

Perbedaan pendapat jumlah ayat Alquran ada sejak masa Rasulullah

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Perbedaan pendapat jumlah ayat Alquran ada sejak masa Rasulullah. Alquran/Ilustrasi
Perbedaan pendapat jumlah ayat Alquran ada sejak masa Rasulullah. Alquran/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Sejak kecil, umat Muslim mengetahui bahwa jumlah ayat dalam Alquran seluruhnga adalah 6.666. 

Namun tahukah bahwa ternyata ada beragam pendapat terkait jumlah ayat Alquran. 

Baca Juga

Masih banyak perbedaan pendapat mengenai jumlah keseluruhan ayat Alquran yang benar. Menurut kesepakatan sebagian besar ulama, jumlah ayat dalam Alquran adalah 6.200 ayat.  

Namun di berbagai wilayah, jumlah tersebut berbeda bergantung pelafal masing-masing. Beberapa dari mereka mengatakan jumlahnya adalah 6.204, 6.214, 6.225 dan 6.236, serta beberapa dari mereka tidak melebihi jumlah tersebut.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Hal ini karena Nabi Muhammad SAW ketika membaca Alquran di depan sahabat untuk mengetahui satu ayat adalah membaca kepala ayat hingga akhir ayat, kemudian mengulang kembali ayat tersebut mulai kepala ayat. 

Namun mereka yang mendengar bisa jadi menghitungnya dua ayat padahal hanya satu ayat namun terdapat pengulangan. Hal tersebut tidak masalah, selama tidak mengurangi atau menambahkan ayat baru.  

Ayat-ayat dalam Alquran dibagi dengan berbagai topik, di antaranya sebanyak 2.220 ayat tentang hukum iman, tauhid, dan sifat Tuhan. Sedangkan 1.600 ayat tentang cerita para nabi.  

Sebanyak 1.000 ayat tentang kepemimpinan. Sedangkan 730 ayat tentang berbagai putusan yurisprudensial seperti ketentuan transaksi, ketentuan nikah, dan cerai, serta ketentuan jihad. Sementara itu 400 ayat tentang ruqyah dan mantra untuk hama dan 250 ayat tentang masalah-masalah lain.

 

 

Sumber: mawdoo3

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement